Risma Bersih2 pantai batu kenjeran bersama pelajar se Surabaya - KIM BAHARI SUKOLILO BARU

Breaking

Post Top Ad

19/09/2016

Risma Bersih2 pantai batu kenjeran bersama pelajar se Surabaya

Risma Bersih2 pantai batu kenjeran bersama pelajar se Surabaya

Foto : Prayit Bulak

KIM BAHARI -  Aksi Bersih-Bersih Pantai Kenjeran diikuti Walikota Surabaya Tri Rismaharini. “Aksi ini juga menjadi gerakan moral pengurangan sampah dari wadah makanan dan minuman sekali pakai. Mereka yang datang dan berpartisipasi banyak membawa bekal makanan dan minuman dengan kemasan yang bisa digunakan berulang kali,” ujar Presiden Tunas Hijau Mochamad Zamroni.

16.054 orang peserta/relawan ditambah 75 orang relawan site supervisor melakukan aksi Bersih-Bersih Pantai Kenjeran (Nambangan batu-batu) Surabaya, Minggu 18 September 2016 mulai pukul 06.00 WIB. Aksi ini merupakan bagian dari kampanye peduli sampah global Clean Up the World yang diselenggarakan di seluruh dunia setiap akhir pekan ketiga, dan juga Surabaya Eco School 2016 yang mengangkat tema Zero Waste.

Ada 9 kategori penghargaan khusus dari Walikota Surabaya Tri Rismaharini yang akan disediakan pada aksi Bersih-Bersih Pantai Kenjeran ini. Yaitu sekolah dengan peserta terbanyak, sekolah paling kompak, dan sekolah paling zero waste untuk masing-masing jenjang pendidikan SD, SMP dan SMA/SMK.

SMPN 23 menjadi sekolah jenjang SMP yang memperoleh penghargaan sekolah terbanyak dan sekolah paling zero waste untuk jenjang SMP. SMPN 11 mendapatkan penghargaan sekolah paling kompak dengan kostum daur ulangnya. SDN Tanah Kalikedinding I menjadi SD paling banyak peserta dan paling kompak. SDIT Al Uswah menjadi sekolah paing zero waste. SMAN 3 menjadi sekolah dg peserta paling banyak SMA. SMA Cita Hati sekolah paling zero waste.


Di sela-sela bersih-bersih pantai, Walikota Surabaya Tri Rismaharini mengajak peserta untuk mengolah sampah yang dihasilkan. "Kalau sampah yang tidak diolah bisa-bisa dibawa arus air sungai ke pantai ini. Pantainya jadi kotor," kata Risma sambil memindahkan sampah di timbunan pasir pantai bersama para siswa di sekitarnya. 



Sementara itu, guna mendukung gerakan Clean Up The World 2016, SMP Negeri 23 Surabaya yang didampingi secara langsung oleh Dra. Elly Dwi Pudjiastuti, M.Pd., selaku Kepala Sekolah, turut turun tangan dengan mengikutsertakan warga sekolah sejumlah 1485 orang. Jumlah tersebut terdiri atas siswa dan orangtua sebanyak 1414 orang, guru dan karyawan sebanyak 71 orang. Rombongan diangkut dengan 18 truk TNI AL, dan 10 mobil pribadi dengan membawa 675 karung bekas bungkus beras dan lain-lain. Pada akhir kegiatan, para siswa, orangtua, guru, dan karyawan menumpuk karung-karung yang telah berisi sampah secara penuh di suatu sudut pantai. Tumpukan karung-karung sampah yang berlabel logo SMP Negeri 23 Surabaya tersebut laksana sebuah gunung karung yang berdiri di pinggir pantai ( Bunda Tri )

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages