Hari Paliatif Sedunia 2016 - KIM BAHARI SUKOLILO BARU

Breaking

Post Top Ad

08/10/2016

Hari Paliatif Sedunia 2016

Hari Paliatif Sedunia 2016

KIM BAHARI - Ratusan relawan mengikuti seminar awam "Peran Aktif Masyarakat dalam Penanganan Nyeri Kanker", memperingati hari paliatif sedunia di Ruang Pertemuan GPDT lantai 8 RSUD Dr Soetomo Surabaya, Sabtu (8/10/2016).

Selain para relawan dan kader paliatif juga hadir perwakilan kecamatan, kelurahan, faskes, Pusat Pengembangan Paliatif dan Bebas Nyeri, Pengurus Yayasan Paliatif Surabaya, dan Dinas Kesehatan Kota Surabaya.

Acara yang diadakan oleh Masyarakat Paliatif Indonesia (MPI) Cabang Surabaya ini, berlangsung cukup meriah , Para peserta mendapatkan edukasi cara menangani nyeri pada penderita kanker di lingkungannya langsung dari para dokter ahli.

dr. Agus Ali Fauzi, Kepala Poli Paliatif RSUD Dr Soetomo menuturkan ini adalah upaya tepat mengedukasi masyarakat awam bagaimana penanganan tepat pada pasien nyeri kanker.
"Supaya jika ada tetangga, keluarga, atau kerabat yang mengalaminya segera ditangani secara tepat. Jadi pasien tidak sampai menderita berkepanjangan," jelasnya.

Sukiah, Kader Paliatif di Puskesmas Morokrembangan Surabaya salah satu peserta seminar mengaku semangat setiap ada undangan serupa "Saya sudah jadi relawan puskesmas Morokrembangan sejak 5 tahun lalu. Setiap kelurahan mengkader 5 orang. Kami membagikan susu dan tanya bagaimana keadaan pasien kanker tiap satu bulan sekali, Jadi jika ada masalah di kelurahan Morokrembangan harus cepat lapor ke kader, sehingga kami bantu untik ke puskesmas, intinya kami jemput bola," jelasnya

Sukiah menambahkan dalam acara seminar awam ini juga diinformasikan pengobatan ampuh nyeri kanker, yang setahun terakhir ada di RSUD Dr Soetomo, Perempuan berjilbab ini menuturkan berita ini tentu menjadi kabar baik bagi pasien yang sering ia dan teman-temannya sambangi.

"Tadi dijelaskan untuk pengobatan sakit nyeri yang tidak terobati, bisa dengan tindakan intervensi. Kabarnya ini bisa menghilangkan nyeri tanpa harus minum obat lagi. Tentu akan menjadi berita baik bagi pasien kanker, khususnya di lingkungan kami Morokrembangan. Terlebih bisa pakai BPJS," katanya senang.


No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages