LS Blusukan Kantor Gubernur Jawa Timur - KIM BAHARI SUKOLILO BARU

Breaking

Post Top Ad

12/02/2017

LS Blusukan Kantor Gubernur Jawa Timur

LS Blusukan Kantor Gubernur Jawa Timur


Komunitas Love Suroboyo

Surabaya  - Minggu pagi yang cerah merupakan waktu yang tepat untuk mengenal dan mencintai kota Surabaya dengan  segala kekurangan dan kelebihan yang dimilili surabaya dan salah satu kelebihannya adalah banyaknya bangunan bersejarah yang menjadi saksi kemegahan kota surabaya seperti yang ada dikantor Gubernur Jawa Timur . Arek – arek suroboyo yang tergabung dalam komunitas Love Suroboyo ( LS ) dan beberapa undangan blusukan ke gedung bersejarah di kampung Eropa nya Surabaya.

Kemegahan gedung dikantor Gubernur Jawa Timur  , keindahan arsitekturnya terlihat jelas sangat terawat Pencahayaan yang bagus berasal dari kaca kaca bening yang terpampang nyata sejak dipintu masuk kantor gubernur Jawa Timur yang berada disisi Timur tugu pahlawan Surabaya menambah pesona keanggunan gedung yang masih aktif digunakan hingga saat ini.

https://m.youtube.com/watch?v=O1ded_kPvSA
Video Perjalanan LS Blusukan Kantor Gubernur Jawa Timur

Inilah situs sejarah di masa-masa akhir pendudukan Belanda. Kantor Gubernur Jawa Timur menjadi monumen arsitektur besar terakhir yang dibangun Belanda. Gaya arsitekturnya tidak lagi simetris seperti jamannya. Namun masih mengadopsi konsep menara jam. Sekilas gedung ini justru mirip sebuah kapal.

Dibangun tahun 1929. dengan arsitek W Lemein. Menempati lahan 11.612 m2, bangunan yang terletak di di Aloon-aloonstraat 18 (sekarang Jl Pahlawan 110) ini rampung 1931. 

gedung ini berdiri akibat menjawab kebutuhan kantor Gubernur yang sebelumnya menempati sebuah bangunan era 1800an di mulut jembatan merah. Setelah rampung, gedung baru ini ternyata tidak hanya untuk Gouverneurs Kantoor alias Kantor Gubernur, namun juga untuk Residensi Kantoor alias Kantor Residen, dan kantor kepolisian keresidenan. 


Bangunan utamanya dua lantai dengan luas 7.865 m2, yang menghabiskan 805.000 gulden. Bayangkan, begitu mahalnya gedung in jika dibanding biaya 100.000 gulden yang dikeluarkan untuk membangun Balai Kota Surabaya tahun 1925.


gedung kantor gubernur Jawa Timur

Kantor Gubernur ini dibangun dengan kapasitas 300 pegawai yang saat itu melayani penduduk Jawa Timur berjumlah sepuluh juta jiwa. Saat ini penduduk Jawa Timur hampir 50 juta jiwa. Pada masa Jepang, gedung ini difungsikan sebagai Kantor Syuucho atau Karesidenan. Sebab jabatan gubernur dalam organisasi Pemerintahan Jepang tidak dikenal. 

Setelah 1950an, Kantor ini fungsinya kembali menjadi kantor gubernur. Sementara kantor Karesidenan Surabaya, dan Kantor Kepolisian Karesidenan dipindah. 

Tahun 1972, wajah depan gedung ini sempat ditutupi bangunan baru berlantai tiga di halaman parkir depan. Gedung anyar itu untuk gedung DPRD Jatim. Namun setelah DPRD Jatim punya gedung sendiri di Jl Indrapura, sekitar 1900-an bangunan baru itu dibongkar dan wajah gedung kembali indah. 


Sebagian anggota Blusukan gedung kantor gubernur Jawa Timur

Tangga menuju menara  jam dinding gedung kantor gubernur Jawa Timur

Taman di dalam gedung kantor gubernur Jawa Timur

Adrenalin mulai diuji saat peserta Blusukan ditantang untuk bisa mencapai menara jam dinding , tangga dari besi yang hanya beberapa inci ketebalannya berjejer 4 biji disusun hingga menjadi tangga menuju ke atas menara
Belum lagi pegangan tangga yang licin karena ada perawatan khusus agar tidak berkarat modelnya seperti oli , membuat pegangan tangga berminyak dan agak kotor membekas ditelapak tangan.

Sensasi naik tangga yang menguji Adrenalin terbayar kontan saat kita bisa mencapai puncak menara tepat di bawah mesin jam dinding yang masih aktif hingga hari ini ,Tepat pukul 09.00 wib jam dinding berdentang berasa banget getarannya plus dengan suaranya yang sangat keras membahana seakan bersuka cita menyambut kehadiran komunitas love suroboyo.
 

“ Keindahan kota Surabaya dengan pemandangan tugu pahlawan yang menjulang tinggi dengan gagah berani dan aktivitas jual beli pasar kaget yang ada disisi Utara tugu pahlawan menjadi sebuah pemandangan bagus yang wajib didokumentasikan.salut buat teman teman love suroboyo yang memiliki stamina kuat dan hebat untuk bisa mencapai puncak tertinggi di kampung Eropa nya Surabaya “ Ujar Sandi ketua komunitas love Suroboyo ( Bunda Tri )



No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages