Upacara Melasti di Pura Segara - KIM BAHARI SUKOLILO BARU

Breaking

Post Top Ad

27/03/2017

Upacara Melasti di Pura Segara


Surabaya - Rangkaian persiapan yang dilakukan di pura segara yang berlokasi di perumahan dinas TNI AL Jl. Memet Sastrawiryo Kelurahan Sukolilo Baru kecamatan Bulak Kota Surabaya sangat detail dan maksimal, diawali dengan upacara pemujaan dan lain lainnya secara hikmat dilakukan oleh pemangku adat dan pemimpin pura segara, Senen 27/3/17


Puluhan umat Hindu Surabaya  melakukan upacara melasti sebuah ritual pensucian diri dan lingkungan menjelang hari raya  Nyepi.


Upacara melasti atau melelasti dapat didefinisikan sebagai nganyudang malaning gumi ngamet tirta amerta, yang berarti menghanyutkan kotoran alam menggunakan air kehidupan. Dalam kepercayaan Hindu, sumber air seperti danau dan laut dianggap sebagai asal tirta amerta atau air kehidupan.



Sumber-sumber air tersebut memberikan kehidupan bagi seluruh makhluk hidup, termasuk umat manusia. Karena itulah, upacara melasti selalu diadakan di tempat-tempat khusus seperti tepi pantai atau tepi danau.



Seluruh anggota rombongan kemudian duduk bersila menghadap ke arah jajaran perangkat ibadah dan sesajian tersebut, sekaligus menghadap ke sumber air suci. Pemuka agama (pemangku) setempat kemudian akan memimpin berjalannya prosesi upacara.

Para pemangku berkeliling dan memercikkan air suci kepada seluruh anggota masyarakat yang hadir serta perangkat-perangkat peribadatan dan menebarkan asap dupa sebagai wujud pensucian.
Selanjutnya, dilakukan ritual persembahyangan (panca sembah) oleh seluruh anggota rombongan. 



Para pemangku lalu akan membagikan air suci dan bija (beras yang telah dibasahi air suci). Air suci tersebut untuk diminum sementara bija akan dibubuhkan ke dahi setiap umat yang datang. Selepas prosesi tersebut, perangkat-perangkat peribadahan diarak kembali ke pura untuk menjalani beberapa tahapan ritual yang lain.





No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages