Serunya Berperahu Menyusuri Miniatur Indonesia - KIM BAHARI SUKOLILO BARU

Breaking

Post Top Ad

12/09/2017

Serunya Berperahu Menyusuri Miniatur Indonesia

Serunya Wisata Bahari Pantai Kenjeran 


Surabaya - Banyak cara yang bisa dilakukan wisatawan dalam menikmati keindahan perairan Indonesia yang tersebar luas tak terkecuali perairan laut kenjeran yang berada di kawasan kelurahan Sukolilo Baru Kecamatan Bulak kota surabaya , Selasa 12/9/17.

Wilayah kelurahan Sukolilo Baru memiliki aneka keragaman mulai dari agama , suku dan budaya dikarenakan letak geografisnya yang diapit dua wisata pantai di Surabaya yaitu pantai ria baru dan pantai lama kenjeran yang memiliki daya tarik tersendiri bagi orang luar untuk datang dan menetap sebagai warga musiman yang bekerja di sini , tentunya mereka membawa keberagaman agama , sosial dan budaya dari daerah asal mereka sendiri. 



Realita kedua sebagai penguat bahwa sukolilo baru adalah miniatur Indonesia dibuktikan dengan adanya perumahan TNI - AU lengkap dengan pusdiknya dan perumahan dinas TNI - AL dihuni para prajurit yang memiliki latar belakang berbeda dari seluruh Indonesia , berimbas pada ke - Bhineka -an tunggal ika mulai dari bahasa , agama dan sosial budaya yang majemuk .

Keberadaan masjid , gereja katolik , gereja kristen protestan , vihara , pura dan klenteng diperkuat dengan kegiatan ritual keagamaan seperti tradisi mulutan yang diperingati umat islam sebagai hari maulid Nabi Muhammad SAW , pesta lampion diperingati ummat konghucu dan pawai ogoh-ogoh yang diperingati pemeluk agama Hindu serta banyak lagi contoh sosial kebudayaan nya.

Saat ini wisatawan tidak perlu mengeluarkan banyak tenaga dan biaya untuk menikmati sebagian keindahan miniatur Indonesia , hanya dengan membayar Rp 10.000 per orang hingga Rp 15.000 tergantung jauh dekatnya , wisawatan bisa Menikmati panorama mulai dari keindahan jembatan penyeberangan surabaya madura ( Suramadu ) hingga daratan kampung nelayan dari tengah laut dengan menggunakan alat transportasi air yang biasa digunakan nelayan untuk melaut .


" Bisingnya suara mesin motor yang dipakai perahu agar bisa cepat melaju diatas air tenang di tengah laut yang tidak kita ketahui kedalamannya lengkap dengan terpaan angin laut berhembus sepoi - sepoi menambah sentuhan luar biasa bagi wisatawan yang suka petualangan air " tutur Anang pemilik perahu

Sepanjang perjalanan yang dimulai dari Pantai Kenjeran lama menuju pantai ria baru , mata kita dimanjakan dengan pemandangan indah tidak hanya dari destinasi jembatan suroboyo yang sangat fenomenal berdiri tegak menjulang dengan pilar - pilar utama yang kokoh namun juga dari beberapa destinasi yang ada di sepanjang pantai kenjeran.

Ada kekaguman tersendiri saat perahu melewati kampung nelayan warna warni yang ada di sebelah barat jembatan suroboyo, aneka rumah bercat warna warni sangat indah dan tidak membosankan berjajar rapi seakan mengundang wisatawan untuk datang dan berkunjung kesana.

Perahu nelayan yang membawa wisatawan terus melaju melewati angkringan matahari yang berada dikaki  jembatan suroboyo,  dari atas perahu wisatawan bisa menikmati hiruk pikuk kegiatan para nelayan yang sedang beraktivitas di wilayah RW 2 desa sukolilo dari kejauhan .

Perahu motor yang membawa wisatawan pelan tapi pasti perlahan mulai meninggalkan kampung nelayan menuju ke tengah laut hingga berhenti di gunung pasir , lokasi dangkal di tengah laut yang airnya dipercaya bisa menjadi obat bagi penyakit linu , rematik dan gatal - gatal ( penyakit kulit ) , disini wisatawan bisa berendam atau berenang sepuasnya di tengah laut yang penuh sensasi tepatnya di laut lepas yang tidak terlalu bergelombang.

Setelah puas berendam dan berenang di gunung pasir , perjalanan dilanjutkan menuju finish di pantai ria kenjeran baru namun sebelumnya perahu terus melaju melewati destinasi keindahan pagoda tian ti dan sanggar agung yang dilengkapi dengan patung dewi kuan in yang dijaga oleh dua naga sebagai simbol dewi penjaga laut .

Dari kejauhan terlihat indahnya bangunan kya - kya , water park dan atlantis land yang berada di dalam lokasi wisata pantai ria kenjeran baru bagaikan istana dalam cerita dongeng terlindungi benteng besar sehingga siapapun ingin masuk dan melihat kemegahannya secara langsung .

Sensasi luar biasa terjadi begitu cepat saat segerombolan burung tiba - tiba terbang tinggi secara bersamaan keluar dari hutan mangrove yang ada di sepanjang pantai kenjeran baru , sebuah hutan yang sengaja di buat untuk menghindari abrasi dan mengundang burung liar untuk singgah dan bermukim disana.

Turun dari perahu di pantai ria baru kenjeran wisatawan bisa melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki menuju lokasi patung budha empat wajah persis seperti yang ada di Bangkok sehingga wisatawan merasakan adanya " Surabaya rasa Bangkok " di area wisata pantai ria kenjeran baru dan banyak lagi keindahan lainnya .

" Trimakasih pak Anang sudah mengantarkan kami berwisata bahari , menikmati indahnya perairan pantai kenjeran " Ujar mumun wisatawan dari kebonsari yang menggunakan jasa perahu anang nelayan sukolilo yang berprofesi sebagai nelayan sekaligus ketua RW 02  ( Bunda Tri )

1 comment:

  1. Keren...ada videonya.
    kami tunggu di www.kimcrewek.or.id

    ReplyDelete

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages