Catatan Cak Met dari Lomba Blog di PEKAN KIM 2017 - KIM BAHARI SUKOLILO BARU

Breaking

Post Top Ad

Responsive Ads Here

15/09/2017

Catatan Cak Met dari Lomba Blog di PEKAN KIM 2017

Catatan Cak Met dari Lomba Blog di PEKAN KIM 2017

Beruntung, demikian kiranya kata yang pas untuk saya karena diberi kesempatan untuk belajar dan “ mencuri “ start pada lomba blog yang diselenggarakan pada pekan KIM 2017 di Pandaan yang lalu. Mengapa saya katakan “ mencuri start “ karena saya sudah mempelajari hal ikhwal pertanyaan, kebutuhan dan persiapan yang harus dilakukan untuk mengikuti sebuah lomba blog “ ala “ Pekan KIM. Sehingga tahun depan, insyaallah saya sudah siap dengan segala halnya.

Dalam catatan saya ada beberapa hal yang perlu kiranya menjadi pengingat, baik bagi saya sendiri atau bagi teman - teman yang ingin ikut lomba blog, agar lebih siap dan Surabaya dapat meraih prestasi yang maksimal dalam lomba blog ini serta dapat “ dijagokan “ setara dengan lomba LCCK oleh Dinas Kominfo Kota Surabaya baik dalam hal dukungan atau perhatian.

Secara keseluruhan ada beberapa hal yang saya perhatikan :

1.Konsistensi dalam update berita.

Konsistensi ini kiranya mendapat perhatian yang besar dari dewan juri. Jangan “ main “ bom berita pada saat menjekang lomba saja, namun yang dilihat adalah konsistensinya, malah ada yang dilihat sejak awal dibuatnya blog tersebut. Karena itu, perlu jadwal rutin dalam hal update blog kita, sehari sekali atau dua hari sekali asal rutin maka hal ini akan mendapat “ nilai “ tersendiri. Update berita yang banyak pada saat lomba tidaklah terlalu berpengaruh terhadap penilaian.

Dalam hal ini juga ada faktor kelemahan dari penyelenggara karena menentukan waktu penilaian yaitu selama 1 bulan sebelum pengumuman, hal tersebut memicu pemahaman bahwa para peserta harus rutin update pada waktu yang telah ditentukan, padahal TIDAK !.

2.Kemudahan Akses Blog.

Hal berikut adalah terkait dengan akses blog oleh para pembaca blog kita. Diharapkan dalam hal memilih template benar - benar dicari yang simple, artinya mudah dalam pencarian berita, ringan dalam aksesnya dan dapat diakses oleh platform atau OS yang berbeda, misal antara lewat komputer dan lewat telepon pintar harus sama - sama ringan.

Untuk itu, jangan terlalu banyak pernak pernik yang tidak ada kaitannya dengan blog kita karena akan mengganggu kinerja blog kita, sesederhana mungkin tanpa melupakan estetika. Pendek kata, sederhana dan tidak membosankan.

3.Sistem Blog dan Domain hosting.

Menurut para dewan juri, sebaiknya kita menggunakan hosting sendiri alias berbayar, sebab hal ini akan menjamin keamanan serta kemudahan dalam proses design template yang akan kita gunakan. Dengan hosting berbayar maka kita tidak akan takut jika blog kita hilang atau penyelenggaranya “ tutup “. Data dalam blog aman serta terjamin sekuritasnya, tentunya semakin besar biaya hosting kita biasanya semakin banyak kemudahan serta dukungan dari providernya.

Dalam hal domain, disarankan untuk menggunakan domain dot id ( .id ) agar “ indonesia banget “ kata pak kepala Diskominfo walaupun menurut saya itu agak “ maksa “ sebab, nasionalisme terkadang tidak bisa dilihat hanya dari satu sudut saja. Masih banyak perusahaan media besar yang blm ber “ dot id “, tapi ya sudahlah…! karena hal ini menjadi salah satu penilaian maka kewajiban para peserta untuk mentaatinya, padahal gak murah juga lho untuk beli atau perpanjangan domain dot id. Sisi positifnya agar blog kita benar - benar baik dan profesional “ ala “ relawan KIM.

4.Pemilihan berita.
Dalam hal pemberitaan hendaknya mengedepankan hal - hal yang positif, berita yang tidak mudah basi dan bersifat edukasi. Tidak jaman lagi istilah “ bad news is good news “ kita gunakan. Semua posting kita harus terstandart dengan kaidah jurnalistik, 5W 1 H, sumber yang jelas dan dapat dipertanggungjawabkan alias bebas HOAX !

5.Manajemen Berita.
Satu hal yang jarang kita lakukan adalah membuat SOP alur pemberitaan, terlepas karena faktor kurangnya anggota dalam KIM kita namun hal ini ternyata juga menjadi penilaian tersendiri oleh dewan juri. Keaktifan team dalam proses pemberitaan sangatlah diharapkan agar berita yang kita sajikan dapat kontinyu, ada pembagian tugas yang jelas dalam team.

Kondisi relawan KIM yang rata - rata orang “ repot “ menurut saya menjadi sebab dari tidak berkembangnya organisasi KIM ini. Dari masa kemasa hanya “ itu itu saja “ yang aktif menjadi hal biasa dalam dunia kerelawanan. Namun jika kita ingin berhasil dalam lomba blog ini tentunya kita wajib memperhatikan hal ini.

6.Presentasi BLOG.
Suatu hal yang menurut pandangan saya tidak pas adalah bahwa semua peserta pada saat babak presentasi blog, mereka “ menceritakan “ isi blognya, profile KIMnya bahkan ada yang promosi tentang produknya atau paparan/sosialisasi  tentang HOAX padahal hal tersebut tidaklah masuk dalam penilaian oleh dewan juri sehingga waktu dihabisnya secara percuma.

Hal penting yang dilihat adalah seperti yang telah saya sampaikan diatas, jadi yang perlu disampaikan pada saat babak presentasi adalah :
A.Team Redaktur Blog.
B.Visi misi KIM.
C.Alur Pemberitaan / SOP pemberitaan.
D.Sistem atau platform yang digunakan dalam blog.
E.Tehnis deseminasi informasi blog.
F.Pemanfaatan sosial media untuk menunjang kunjungan keblog.
G.Efek sosial dari pemberitaan.
H.Jumlah kunjungan ke blog.
Kiranya hal diatas yang dapat saya ingat dari kegiatan lomba BLOG pada Pekan KIM yang lalu, sekali lagi bahwa tulisan ini adalah sebagai catatan bagi saya pribadi dan bagi teman - teman yang ingin mengikuti lomba blog untuk tahun yang akan datang. Hal yang terpenting adalah catatan ini berlaku apabila :
1.JURINYA MASIH SAMA, DAN
2.LOMBA BLOGNYA MASIH ADA
Wkwkkkkk…. Gak usah serius banget ya.. tapi ada benernya juga lho, sebab ganti juri mungkin juga ganti unsur penilaiannya….ya kan !

Selamat berkarya dan teruslah " menginsprasi dengan tulisan kita… Salam KIM Kota Surabaya, Untuk Surabaya lebih baik " ujar cak met dari KIM gatmedia

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages