Breaking News

Domain Hosting Gratis Untuk Pegiat KIM

Domain Hosting Gratis Untuk Pegiat KIM

Surabaya - Pentingnya Domain dan Hosting bagi Blogger yang dikelola kelompok informasi masyarakat kota Surabaya untuk mengangkat kearifan lokal dengan mengelola halaman website telah disupport Dinkominfo Surabaya harus dimanfaatkan bagi pegiat KIM , Rabu 11/10/17

Kearifan lokal yang dikelola oleh pegiat kelompok informasi masyarakat yang ada di kelurahan setempat binaan dinas komunikasi dan informasi kota Surabaya memberikan tawaran domain dan hosting gratis dengan bantuan tenaga TIK yang telah disediakan oleh Dinkominfo sudah selayaknya untuk digunakan sebagaimana mestinya.

Salah satu media yang dikelola pegiat kelompok informasi masyarakat untuk mengangkat kearifan lokal masing-masing daerah adalah dengan media Blogger.


Sebuah media  yang dibangun untuk menyampaikan informasi kepada pengguna. Informasi tersebut bisa berupa berita, cerita, penawaran barang, kalimat ajakan, video dan lain sebagainya.


Guna memperkuat keberadaan blogg di sebuah website diperlukan komponen yang namanya domain dan hosting , komponen utama dalam membangun sebuah website sehingga dapat diakses oleh siapapun di seluruh penjuru dunia melalui internet.

Hosting diibaratkan sebagai lahan kosong/kavlingan yang mempunyai luas lahan terbatas sedangkan domain diibaratkan sebagai alamat lokasi lahan kosong atau kavlingan tersebut.

Di atas lahan itu nantinya dapat dibangun sebuah bangunan (website) baik berupa rumah (website personal), toko (toko online), ataupun gedung bertingkat (website organisasi atau perusahaan).

Yang pasti juga mempermudah pengguna dalam mengakses informasi pada server komputer yang ada di jaringan Internet.

Sebelum mengenal istilah Domain Name, untuk mengakses informasi yang ada pada server komputer digunakan alamat IP Address yang berupa sederetan angka panjang, misalnya http://www.kimbahari.co.id Karena pengguna lebih mudah mengingat deretan angka dari pada nama, maka digunakanlah Domain Name ini untuk mengakses informasi yang ada pada server.


Beberapa pegiat kelompok informasi masyarakat utusan kelurahan se Surabaya yang berkumpul di ruang ACTS Dinkominfo Surabaya mendapatkan pencerahan Mey Sya Ardhi dari relawan TIK
" Sebaiknya pegiat kelompok informasi masyarakat bisa menggunakan kesempatan yang telah disediakan Dinkominfo dengan menyediakan domain dan hosting gratis agar websitenya semakin mudah diakses " Ujar nya

Yanuar yuda dari KIM Manunggal menyampaikan kegelisahan nya " Relawan KIM sudah berupaya membantu pemerintah kota Surabaya dengan mengangkat kearifan lokal masing-masing melalui media Blogger memang sudah seharusnya dibantu untuk domain dan hosting gratis tanpa melakukan pembayaran ditahun kedua dan seterusnya agar tidak memudahkan langkah publikasi pegiat KIM  " ungkapnya

Dinas komunikasi informasi kota Surabaya yang telah mengupayakan domain dan hosting gratis telah menjamin kalaupun ada perpanjangan ditahun kedua hanya pada domain nya saja dan akan didampingi relawan TIK yang siap membantu .


Novi dari Dinkominfo Surabaya menyampaikan " Upaya pembinaan yang dilakukan oleh Dinkominfo Surabaya bersinergi dengan forum KIM Surabaya termasuk kegiatan Ngeblog  bersama Bunda Tri bagi pegiat KIM pemula untuk cara nulisnya sedangkan untuk desain sudah disiapkan relawan TIK terus diupayakan lebih baik " tutur nya ( Bunda Tri )

No comments