KETRAMPILAN MEMBUAT GANTUNGAN KUNCI DENGAN RESIN - KIM BAHARI SUKOLILO BARU

Breaking

Post Top Ad

15/09/2012

KETRAMPILAN MEMBUAT GANTUNGAN KUNCI DENGAN RESIN


Selain bisa dinikmati sebagai makanan laut, kerang punya potensi bagus untuk dijadikan cinderamata. Tidak ada hal istimewa dari keberadaan cangkang-cangkang kerang yang berserakan di sekitar pantai atau daerah perairan. Sekilas, mereka terlihat hanya sebagai sampah laut, dibiarkan hanyut terseret ombak atau menyangkut di atas tumpukan pasir.

Padahal, dengan sedikit kreasi, cangkang-cangkang itu bisa menjadi barang bermanfaat. Sebelum berubah menjadi cinderamata, ada sederet proses harus dilakukan oleh perajin kerang.

Proses pertama adalah membersihkan kerang dari kotoran yang menempel. Kemudian, direndam dengan cairan kimia HCL ( air keras) untuk menghilangkan bau serta mudah dibentuk sesuai selera. Setelah itu, biarkan mengering dan keras kembali, baru diamplas sampai halus. Proses terakhir adalah pemberian resin catalis supaya kerang terlihat licin dan keras.

Pembuatan kerang tidak terlepas dari seni keterampilan pembuatnya. Semakin rumit bentuk barang atau hiasan, semakin besar harga yang ditawarkan. Sementara, produk-produk buatan perajin kerang antara lain, beraneka ragam produk rumahtangga, aksesoris dan souvenir, dengan berbagai macam bentuk dan ukuran.

Untuk menambah cantik benda-benda tersebut, kerang pun dipadukan bersama material lainnya, sebut saja kayu, kulit, kain, bahkan perhiasan. Soal harga, kerajinan ini cukup terjangkau. Berkisar lima ribu rupiah hingga ratusan ribu rupiah.

Lalu, dimana bisa menemukan sentra perajin kulit kerang? Hampir di seluruh wilayah Indonesia terdapat tempat kerajinan kerang. Kebanyakan masyarakat yang hidup di daerah pantai, selain memiliki mata pencaharian sebagai nelayan, mereka pun tidak melewatkan kesempatan bisnis memproduksi kulit kerang yang mempunyai nilai ekonomis.

Di Surabaya, sentra perajin kulit kerang salah satunya terdapat di Tambak deres Kenjeran lama . Jika berkunjung ke Pantai kenjeran baru ataupun pantau kenjeran lama surabya, ada banyak penjual kerang-kerangan tersebar di kawasan pantai ini. 





Cara Membuat Gantungan Kunci dari  resin
Bahan:
1. Cairan Katalis
2. Cairan Resin bening

Alat:
1.Untuk cetakan kita dapat menggunakan kertas/plastik mika pada umumnya..(biasa di buat cover makalah) 1 lembar sudah cukup..
2.Tempat/wadah untuk mengaduk resin dan katalis..(saya menggunakan potongan botol bekas aqua)
3.Pengaduk(bisa menggunakan potongan lidi)
4.Hiasan(hiasan ini sangat beragam dan dapat di jumpai di mana saja. misal jika kalian ingin membuat tema pantai, bisa menggunakan pasir sintetis,cangkang kerang,untuk kalian yang suka kesan gemerlap bisa menggunakan serbuk glitter warna apapun, rata-rata hiasan yg di pakai adalah hiasan gelang pada umumnya,untk kesan kaca polos tidak usah di beri hiasan apapun)

Cara Membuat:

Cetakan:
1.gunting Mika memanjang dengan ketebalan 1,5cm.
2.Di model sesuka anda (di sini saya membuat model hati)
3.besar kecilnya di sesuaikan sendiri(pada umumnya lebarnya dan panangnya hanya 3x3cm..) 4. gunting sisa mika bentuk prsegi yg luasnya jelas lebih luas dr cetakan hati(dipakai untuk alas cetakan hati)

Cairan:
1.Tuang cairan resin dan katalis dalam wadah pengaduk dengan perbandingan(resin 3sdm, katalis 1/2sdt)
2.aduk dengan sangat pelan, jangan sampai ada udara di dalam campuran RK(Resin Katalis) 3.untuk yg bertema(pantai/gemerlap),dapat di tambah/di campur glitter/pasir sintetis.. untuk yg tidak bertema(memilih kesan kaca polos), tidak usah di beri tambahan apapun..
4.aduk sampai larut(cairan menjadi agak keruh, tapi setelah kering akan bening seperti kaca) 5.tuang perlahan ke dalam cetakan hati yang beralas mika sampai tinggi 0,5cm..
6.biarkan sebentar..(jika cairan keluar melalui celah bawah mika biarkan saja..)
7.saatnya menghias..XD.. letakkan di atas lapisan pertama hiasan yg sudah anda pilih seperti kerang, tulisan pada potongan kertas,pernak pernik kecil,dll.. hias seindah mungkin..
8.buat lagi campuran resin dan katalis seperti tadi untuk lapisan kedua/lapian penutup..
9.saat cairan pertama mulai mengental (jangan sampai mengeras!! tapi masih memungkinkan jika cairan kedua di taruh tidak akan menyampur dengan cairan pertama) tuang perlahan cairan kedua pada cetakan hati secara perlahan sampai ketebalan 1cm..
10.tancapkan lidi pada sudut atas hati, yang nantinya akan menjadi lubang gantungan kunci.. 11.tiup perlahan sambil lidi masih tetap di pegang
12.saat cairan nyaris mengeras tapi masih lunak,putar-putar lidi untuk membuat lubang dan menghindari lidi ikut mengeras yg berakibat tidak bia di lepas..
13.angkat lidi perlahan ketika cairan sudah mulai mengeras dan kemungkinan lubang tidak tertutup..
14.diamkan sampai mengeras..(makin lama makin baik)
15.DANGER!!jangan di jemur langsung di bawah paparan sinar matahari.. jemur di tempat sejuk dan teduh..
16.cetakan akan mulai memanas..
17.biarkan sampai dingin..
18.setelah dingin, lepas mika secara prlahan, ratakan pinggirnya..
19.beri gantungan..
20.So, Finish.. now you have a beautifull fiberglass...

Keselamatan kerja:
1.usahakan praktek di ruang terbuka karena kalian bisa bisa pingsan oleh bau menyengat cairan RK..
2.gunakan penutup mulut..
3.yang gak suka tangannya lenket bisa deh tuh pakai penuup tangan karet..
4.sperti biasa hindari cairan dari anak2 dan jangan trminum ataupun trkena mata..
5.jika cairan RK di jemur di bawah paparan sinar matahari akan mengeluarkan asap dan bau yg sangat amat betul btul M-E-N-Y-E-N-G-A-T..
6.yang trjadi jika kalian tidak mengaduk larut resin dan katalis adalah,, cairan RK saat proses pengeringan akan mengeluarkan asap dan bau walaupun tidak terkena paparan sinar matahari langsung..
7.kebanyakan katalis juga bisa berakibat seperti di atas..
8.jika terlambat memutar lidi(sudah terlanjur mengeras) lubang gantungan kunci dinyatakan gagal, dan sebagai gantinya di lubangi menggunakan bor kecil..(repot kan)
9.jika terkena kulit, jangan di biarkan lebih dari 20 menit.. karena akan menimbulkan sedikit gatal..
10.terutama buat kulit sensitif mending pakai sarung tangan karet deh biar amannya.. 
11.kayaknya sih cuma itu..

  
Lebih jelasnya lihatlah peraga dibawah ini

proses pembuatan:
1.pertama kita buat campuran untuk lapisan pertama ..campur resin dan katalis di dalam wadah dengan perbandinga resin 10:1 katalis..aduk hingga merata ( ketika di aduk campuran menjadi keruh , itu normal karena katalis sedang bekerja) ..setelah di aduk rata kemudian diamkan sebentar hingga gelembung 2 hilang..setekah gelembung hilang tuangkan dalam cetakan
Proses pencampuran resin dengan katalis (10:1) Setelah resin dan katalis dicampur dan diaduk, akan muncul gelembung udara.
2. tunggu hingga campuran dalam cetakan berubah menjadi seperti gel..setelah campuran pertama seperti gel , segera buat campuran yang kedua dengan cara yang sama ..siapkan pula bahan isian..
3. agar nantinya tidak muncul gelembung disekitar bahan isian ketika sudah jadi , lumuri bahan isian dengan campuran yang ke 2..kemudian masukan pada campuran pertama dilanjutkan dengan campuran ke 2..proses selesai tinggal menunggu keras..
Cara meletakan isian
4. beri lubang untuk gantungan kunci dengan lidi yang diputar membentuk lubang untuk tempat gantungan ..

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages