OUT BOND & WATER TUBE OBECH PACET JATIM - KIM BAHARI SUKOLILO BARU

Breaking

Post Top Ad

27/12/2013

OUT BOND & WATER TUBE OBECH PACET JATIM

OUT BOND & WATER TUBE OBECH PACET JATIM

Liburan kali ini guru & karyawan SDN WONOKUSUMO VI/45 Surabaya memilih Pacet sebagai tujuan wisata guna melepas kejenuhan dan memupuk rasa kebersamaan diantara guru & karyawan SDN WONOKUSUMO VI/45 Surabaya dengan menggunakan jasa OBECH Rafting Pacet yang merupakan salah satu operator rafting (arung jeram) yang ada di Jawa Timur. Bertempat di Wisata Alam Bandulan yang asri, sejuk dan pemandangan yang sangat indah, menjadikan basecamp OBECH Rafting Pacet yang ada di desa Sajen kecamatan Pacet kabupaten Mojokerto sangat tepat untuk kegiatan GatheringOutboundMeeting, Paintball, viilage tourism dan Rafting..

Sebelumnya peserta diajak Outdoor Base Activities (Outbound Management Training) merupakan suatu bentuk kegiatan di alam terbuka yang berguna untuk mengembangkan kemampuan di bidang manajemen dan pengembangan diri (personal development) yang disimulasikan melalui permainan – permainan yang secara langsung bisa dirasakan oleh peserta dengan tujuan untuk meningkatkan motivasi dan kepercayaan diri, berpikir kreatif, rasa kebersamaan dan saling percaya.
Manfaat dan tujuan dari penyelanggaraan outbound sebagai berikut :
• Meningkatkan self confidence, self motivation dan interpersonal skill
• Meningkatkan kemampuan dan ketrampilan dalam memimpin
• Melihat kelemahan orang lain bukan sebagai kendala
• Melihat orang lain sebagai bagian dari sukses diri sendiri dan sukses tim
• Melihat kesulitan sebagai sesuatu yang menantang dan berani mengambil resiko

Merupakan salah satu kegiatan yang memacu andrenalin seperti halnya wisata arung jeram, akan tetapi media yang akan digunakan adalah ban air (water tube) yang sudah didesain berdasarkan kenyaman dan keamanan pemakai water tube tersebut dan akan selalu didampingi oleh pemandu dan rescue.
saat water tube  saya termasuk orang yang memberi usil,ketika sampai di finish saya mengajak beberapa teman untuk menyambut teman yang datang dengan cipratan air secara kompak dan bersama –sama lalu digulingkan diair sehingga basah kuyub.


 Di kegiatan ini lebih banyak senyum dan tawa. Ada fenomena  egaliter tak ada lagi lebel jabatan dan anak buah, Lepas sementara gaya "jaim/jaga imaje". Entah sadar atau memang benar-benar ingin "bersenang-senang" seorang bapak berenang dan bermain air saat perahu kami transit sementara untuk istirahat. Sementara beberapa perahu terbalik karena sengaja dibalikkan oleh perahu milik rekannya. Muncul kebersamaan. Sekaklipun masih ada seorang ibu yang selalu berpegangan di paha saya dan tak sabaran untuk segera pulang. Saya hanya mengatakan, "kasihan ibu ini tidak dapat menikmati". Riang dan menyenangkan seharusnya momentum ini terjaga terus sampai di tempat kerja. Karena rasa gembira dan menyenangkan adalah modal yang sangat berguna karena berdampak meningkatkan  kinerja seseorang.


           Mengapa di kegiatan water tube  ini bernuansa kebersamaan? Ya ..... ada kebersamaan hal ini disebabkan peserta merasa dalam satu kegiatan. Dalam kegiatan ada rasa yang sama yaitu penasaran. Ada rasa takut melihat aliran sungai dengan batuan besar yang bagi orang kota pemandangan ini tidak familiar. Dan rasa takut lain misal perahu terbalik, kepala terantuk batu atau hal-hal yang mencemaskan lainnya. Ada kebersamaan bagaimana mengelola rasa takut bersama-sama. Sekalipun akhirnya rasa takut berubah menjadi hal yang menyenangkan
Hal lain yang bisa didapat dari kegiatan ini adalah membangkitkan rasa berani. Pada dasarnya setiap orang sudah dibekali rasa "berani" sayangnya "rasa" ini karena  sesuatu hal sering tersembunyi. Sekali waktu keberanian ini harus dimunculkan. Keberanian sebenarnya dapat berfungsi membantu memunculkan jiwa asertif. Jiwa asertif adalah sikap tegas. Tanpa keberanian sikap tegas tak akan pernah ke permukaan yang pada akhirnya kita menjadi manusia "kerdil" yang bisanya menggerutu di belakang karena tidak berdaya untuk menolak suatu kebijakan.
Mendesain kegiatan water tube  untuk kepentingan organisasi bukan hal yang tidak mungkin. dengan kegiatan ini  budaya organisasi yang diinginkan akan berjalan dengan baik dan akan sukses mencapai cita-cita yang diinginkan organisasi. Di kegiatan ini anggota organisasi bisa bersama-sama secara sadar untuk memperrat silaturahim dengan tujuan menyamakan persepsi dan merapatkan barisan untuk bedrgerak serempak menggapai cita. Terima kasih Panitia guru & karyawan SDN WONOKUSUMO VI/45 Surabaya,wa bil khusus buat Ibu Samaniatin,S.Pd selaku kepala sekolah dan Ibu Widji Astutik selaku Bendahara sekolah
Jazakumullah khoiron katsiron



No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages