Cara membuat terasi udang rebon - KIM BAHARI SUKOLILO BARU

Breaking

Post Top Ad

02/09/2015

Cara membuat terasi udang rebon

Cara membuat terasi udang rebon


KIM BAHARIbagi masyarakat indonesia menjadi salah satu bumbu masak yg tak pernah ketinggalan,dewasa ini banyak menu kuliner yg memakai bumbu terasi,terasi bahkan juga di manfaatkan untuk pembuatan kerupuk dll.

Sebenarnya terasi adalah hasil dari olahan permentasi udang rebon,udang yg kecil2 beserta bumbu2 yg lain ,makanya biasanya terasi berbau agak menyengat walaupun rasanya gurih dan nikmat 

Terasi akan lebih nikmat bila di buat menggunakan udang segar,seperti yg di produksi di pesisir pantai bangka,hasil produksi terasi dari masyarakat pesisir bangka sangat terkenal enak dan gurih,walaupun di sdaerah jawa tengah seperti cirebon juga banyak bisa kita jumpai pabrik pengolahan trasi.

Bahan untuk membuat terasi udang enak dan gurih biasanya di buat dari udang ataupun rebon,walaupun beberapa ada juga yg terbuat dari ikan.

Bahan yg harus di persiapkan membuat terasi udang enak dan gurih:

. Udang kecil atau rebon atau  ada juga yg memakai bahan ikan yg kecil2.
. Garam
di dalam pembuatan udang gram mempunyai fungsi ganda,pertama untuk   memberi rasa yg kedua sebagai bahan pengawet.takaranya adalah pd     konsentrasi 20 % : atau 2 ons per kg bahan baku terasi
. Pewarna makanan.
Wajib menggunakan pewarna makanan yg di izinkan oleh pemerintah  atau sesuai standar industri indonesia.
. Kantong plastik
Biasanya bungkus trasi selalu di rangkap 2 lapis pertama untuk melindungi dan juga untuk meredam bau agar tidak tercium dari    luar,yg kedua,untuk penyempurna,dan untuk memberi brans/ merk.
. Wadah atau tempat mencucui udang rebon maupun ikan
. Alat penggiling bisa di tumbuk jika skala kecil,pake alat penggiling jika skala besar.
. Alat permentasi biasanya terbuat dari plastik karna bahan baku   terasi mengandung banyak garam.
. Alat untuk menjemur
    
Setelah semua bahan dan alat2 siap selanjutnya proses pembuatan trasi udang enak dan gurih dapat di laksanakan.
. Cuci udang rebon/ikan kecil2 hingga bersih
. tiriskan hingga air nya kering dan jemur hingga udang benar2 kering.
. Setalah udang kering masukan udang rebon atau ikan kecil2 di dalam alat  penggilingan,tambahkan semua bumbu yg tersedia   
. lalu tumbuk hingga halus,tambahkan pewarna makanan sambil terus di   tumbuk   hingga halus dan membentuk sebauah adonan lalu di jemur     hingga  kering,untuk mendapatkan hasil yg lembut dan kualitas yg     baik biasanya  setelah di giling di jemur, hingga 2 x penggilingan    hal ini untuk mendapatkan  terasi yg berkualitas baik.
. setelah melalui 2 x proses penggilingan dan penjemuran trasi dapat   di bungkus  menggunakan 2 lapis bungkus. dan trasi pun siap di   pasarkan.
. Pastikan kondisi terasi selalu kering ,untuk menjaga kualitas dan   supaya trasi  tahan lama.selamat mencoba resep membuat terasi udang   enak dan gurih.

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages