Merawat gigi ( asli / palsu ) penderita diabetes - KIM BAHARI SUKOLILO BARU

Breaking

Post Top Ad

08/06/2016

Merawat gigi ( asli / palsu ) penderita diabetes

Rabu , 8/6/2016 pelaksanaan PMT Lansia Qoryah Thoyyibah RW 2 Kelurahan sukolilo baru kalli ini mendapat kesempatan penyuluhan kesehatan dari petugas kesehatan Puskesmas Kenjeran yaitu drg. Dwiana dan Bu Yati .
Begitu banyak ilmu yang didapat lansia Qoryah Thoyyibah hari ini selain tips menggosok dan merawat gigi ( asli / palsu ) utamanya penderita diabetes yang disampaikan oleh drg , Dwiana dari puskesmas Kenjeran , para lansia juga diberikan penjelasan ttg penyakit ISPA yang sebenarnya penyakit menular , bukan penyakit musiman , warga diminta untuk lebih menjaga kebersihan diri dan lingkungan serta asupan gizi , begitu kata bu yati petugas dr puskesmas Kenjeran yang mendampingi drg , Dwiana
Merawat gigi ( asli / palsu ) penderita diabetes sebenarnya hampir sama dengan   orang sehat seperti biasanya, dengan menyikat gigi teratur 3 kali sehari, penggunaan obat kumur jika diperlukan juga disarankan. Namun tetap sesuai petunjuk dokter gigi, Penderita diabetes cenderung mengalami masalah kesehatan gigi dan mulut lebih sering seperti gingivitis (radang gusi), kerusakan jaringan penyangga gigi (periodontitis) yang akibat fatalnya adalah terjadinya gigi goyang dan sangat sulit untuk disembuhkan jika derajat goyang sudah parah.
Memiliki gigi rusak pada orang dengan kencing manis memang serba salah, jika masih kecil masih aman untuk dilakukan pengobatan, namun jika lubang yang sudah parah dan mengharuskan untuk dicabut maka dokter gigi juga sangat tidak menyarankan pencabutan pada penderita dengan kadar gula darah tinggi, harus ada pengobatan pre medikasi sebelum pencabutan hingga kadar gula darah dianggap normal untuk pencabutan.
Sebenarnya apa saja yang harus diperhatikan mengenai perawatan gigi dan mulut pada penderita diabetes :
  1. Sikat gigi tetap 3 kali sehari atau minimal 2 kali sehari, pilihlah bulu sikat yang lembut untuk meminimalisir luka karena jika luka pengidap diabet memang susah untuk sembuh.
  2. Selalu periksakan gigi anda setidaknya 6 bulan sekali walaupun anda tidak memiliki keluhan sakit. ini untuk mendeteksi sedini mungkin terjadinya lubang pada gigi anda.
  3. Jika anda masih memakai kawa gigi, atau gigi tiruan usahakan untuk lebih ekstra dalam membersihkan mulut. terutama pada gigi palsu sikat dan lepaslah gigi palsu anda saat menjelang tidur, bersihkan, taruh di air hangat. hal ini dilakukan untuk menghindari tumbuhnya jamur di mulut.
  4. Selalu perhatikan diet makanan anda karena ini juga akan berpengaruh terhada kesehatan gigi anda secara tidak langsung.
Berikut adalah beberapa tips Merawat gigi ( asli / palsu ) penderita diabetes , semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi untuk kita dan anggota keluarga kita semua.









No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages