Burung Penghuni Mangrove Kenjeran - KIM BAHARI SUKOLILO BARU

Breaking

Post Top Ad

12/08/2016

Burung Penghuni Mangrove Kenjeran

KIM BAHARI - Tiba tiba ratusan burung beterbangan dari dalam  rimbungan pohon mangrove  ke angkasa memecah birunya langit diatas laut perairan kenjeran(10/8/2016)

Sekawanan burung itu bercanda riang berkejaran kesana kemari , sesekali membentuk sebuah formasi setelah puas bercanda mereka lalu menukik ke bawah seakan hendak jatuh , tapi tidak Sekawanan burung itu akan turun ke pantai mencari mangsa .

Bagi beberapa jenis burung air, seperti Kuntul (Egretta spp), Bangau (Ciconiidae) atau Pecuk (Phalacrocoracidae), daerah mangrove menyediakan ruang yang memadai untuk membuat sarang, terutama karena minimnya gangguan yang ditimbulkan oleh predator.

Jenis-jenis burung yang hidup di daerah mangrove tampaknya tidak terlalu berbeda dengan jenis-jenis yang hidup di daerah hutan sekitarnya. Mereka menggunakan mangrove sebagai habitat untuk mencari makan, berbiak atau sekedar beristirahat.

Bagi jenis-jenis pemakan ikan, seperti kelompok burung Raja Udang (Alcedinidae), mangrove menyediakan tenggeran serta sumber makanan yang berlimpah. Bagi berbagai jenis burung air migran (khususnya Charadriidae dan Scolopacidae), mangrove memainkan peranan yang sangat penting dalam migrasi mereka. Mangrove tidak hanya sebagai tempat perhentian, akan tetapi juga sebagai tempat perlindungan dan mencari makan. Beberapa lokasi yang sangat penting bagi burung bermigrasi

Maka tidak heran begitu banyak burung dari berbagai jenis yang hinggap di pohon mangrove. ( Bunda Tri )




No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages