Krupuk Bawang Goreng Pasir - KIM BAHARI SUKOLILO BARU

Breaking

Post Top Ad

08/08/2016

Krupuk Bawang Goreng Pasir

KIM BAHARI -Siang yang panas bukan penghalang bagi pak slamet untuk berkeliling menjajakan krupuk bawang goreng pasir asli bikinan istrinya  .

"Tidak peduli hujan atau pun panas saya selalu jualan bu,kalo tidak jualan bagaimana nasib anak istri saya dirumah " begitu kata pak slamet

Beban yang berat dipundaknya tidak beliau rasakan bahkan menurut beliau " ini sudah biasa , memang berangkatnya berat karena bawanya banyak namun lama kelamaan habis , kerupuknya berubah jadi uang dan bebannya jadi ringan , seringan senyuman istri yang menunggu di rumah " begitu kelakarnya

Dengan senyum mengembang beliau melayani pembeli , walaupun hanya seribu rupiah beliau tidak menolaknya , tidak lupa senyum dan ucapan terimakasih selalu beliau iringkan saat memberikan dagangannya pada pembeli .

Pak thoyyib salah satu langganan nya menyampaikan " kerupuk bawang ini cemilan favorit nya apalagi ditambah petis nya yang khas , makanya beliau selalu membeli kalo pak slamet lewat depan rumahnya .


Cara Membuat Kerupuk Bawang Putih Renyah – Kerupuk adalah nama makanan ringan yang biasanya dijadikan sebagai pelengkap pada saat makan. Nama makanan yang satu ini memang sudah banyak terdapat dimana-mana sehingga namanya sudah tidak asing lagi bagi telinga kita. Kerupuk memiliki rasa yang enak, renyah dan gurih. Selain itu, kerupuk juga tergolong dengan harga yang cukup terjangkau bahkan sangat murah. Makanan ini memiliki berbagai macam jenis rasa dan bentuk dari mulai kerupuk ikan, kerupuk udang dan juga jenis kerupuk yang lainnya. Bagi para pecinta kerupuk, kali ini kami akan sajikan tentang resep membuat kerupuk bawang putih yang renyah dan gurih. Selain dijadikan sebagai makanan pelengkap, kerupuk juga dapat dijadikan sebagai cemilan pada saat sedang santai, berikut merupakan proses pembuatan kerupuk bawang putih.

Bahan :

1 kg tepung terigu yang berkualitas baik
15 siung bawang putih ( haluskan )
10 butir bawang merah ( haluskan )
3 sendok teh ketumbar bubuk
1/4 sendok teh merica bubuk
3 sendok teh kaldu ayam bubuk
1 sendok teh soda kue
2 batang seledri ( cincang halus )
air matang secukupnya pasir untuk menggoreng secukupnya 


Cara Membuat Kerupuk Bawang :

Siapkan satu wadah untuk membuat adonan kerupuk
Masukkan semua bahan kerupuk kedalam wadah yang sudah disiapkan
Tuang air sedikit demi sedikit kedalam campuran tepung sambil diuleni dengan tangan sampai adonan menjadi kalis
gulung adonan dengan memanjang lalu direbus selama 3 jam, 
diamkan sampai hangat atau dingin
Potong-potong adonan yang sudah direbus 
kemudian dijemur dibawah terik matahari sampai benar-benar kering
Panaskan pasir lalu goreng kerupuk sampai merekah dan matang, 
angkat tiriskan
kerupuk bawang siap untuk disajikan

Sajikan kerupuk bawang sebagai makanan pelengkap dalam keluarga anda. Makanan ini sangat cocok dipadukan dengan makanan yang berkuah misalnya seperti mie ayam dan baso.

Bila dibuat cemilan bisa dimakan dengan dicelupkan ke petis 

Demikianlah Resep Membuat Kerupuk Bawang yang menjadi andalan pak slamet semoga bermanfaat begitu kata pak slamet mengakhiri obrolannya . ( By : Bunda Tri )


No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages