Peringati HUT Ke 71 Korps Marinir di Pantai Kenjeran - KIM BAHARI SUKOLILO BARU

Breaking

Post Top Ad

15/11/2016

Peringati HUT Ke 71 Korps Marinir di Pantai Kenjeran

 Peringati HUT Ke 71 Korps Marinir di PantaiKenjeran




Surabaya – Ribuan Pasukan Marinir berbaris rapi di bawah jembatan Suramadu tepatnya di Pantai Tambak Wedi, Kenjeran, Surabaya. Peringatan hari jadi ke 71 Korps Baret Ungu yang dirayakan secara sederhana dengan  melibatkan masyarakat. Selasa (15/11/2016).
Komandan Pasmar-1 Brigadir Jenderal TNI (Mar) Lukman, S.T.,M.Si (Han) memimpin upacara peringatan HUT ke 71 Korps Marinir di Pantai Tambak Wedi, Kenjeran, Surabaya, dihadiri Kasgartap III Surabaya Brigjen TNI (Mar) Amirudin Harun, Wadan Kodiklatal Brigjen TNI (Mar) Gunung Heru, Kasarmatim Laksma TNI IGN Ariawan, Brigjen TNI (Mar) Kasirun Situmorang, Danlantamal V Laksma TNI Edi Sucipto, Danguspurlatim Laksma TNI Dodik Hartanto, Dankodikopsla Laksma TNI Sandi Asmara,  Danpuspenerbal Laksma TNI Simorangkir, Danlanud Abd Saleh Marsma TNI H. RM Djoko Senoputro, Wagub Jatim Drs. H Saifullah Yusuf, pejabat TNI – Polri di Surabaya, Para Sesepuh Korps Marinir dan undangan lainnya.
Upacara ditandai dengan pembacaan amanat Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana TNI Ade Supandi, S.E., M.A.P oleh Komandan Pasmar-1 Brigadir Jenderal TNI (Mar) Lukman, S.T.,M.Si (Han). Dalam amanatnya Kasal menyampaikan upacara peringatan HUT ke 71 Korps Marinir tahun 2016 dilaksanakan secara serentak di seluruh satuan Marinir dengan suasana kesederhanaan dan melibatkan masyarakat sekitar. Hal tersebut bertujuan untuk mempererat kebersamaan prajurit Korps Marinir dengan rakyat.

"Korps Marinir adalah pasukan pendarat yang merupakan aset utama dalam misi proyeksi kekuatan dari laut ke darat. Selama 71 tahun pengabdiannya, Korps Marinir telah meraih berbagai keberhasilan penugasan dalam bentuk  operasi dan latihan serta perbantuan kepada pemerintah daerah dan Polri. Beberapa prestasi yang menonjol antara lain pencarian dan evakuasi korban kecelakaan penerbangan pesawat Air Asia, pemadaman kebakaran hutan, menginisiasi gerakan nasional "Save OurLlittoral Llife" dalam menyelamatkan ekosistem pesisirdan keberhasilan melumpuhkan salah satu pemimpin kelompok teroris melalui Operasi Tinombala. Semua capaian tersebut adalah refleksi dari daya juang yang tinggi dan kerelaan berkorban dari setiap individu prajurit Korps Marinir saat melaksanakan tugas. Hal ini juga terjadi tidak lepas dari dukungan keluarga. Pencapaian ini adalah hasil pembinaan berkelanjutan Korps Marinir membentuk prajurit dan menyiapkan alutnya menjadi kekuatan  tempur yang tangguh, " ungkap Kasal.

Kasal menambahkan, harus dipahami bahwa keberhasilan Korps Marinir tidak bisa dilepaskan dari dukungan dan kerja sama dengan masyarakat. Hal ini terjadi karena tumbuhnya kepercayaan dari masyarakat. untuk itu, kepercayaan dan kebersamaan tersebut harus terus dipertahankan karena hal ini yang tersulit.

"Pada kesempatan ini, saya atas nama pemimpin TNI Angkatan Laut menyampaikan penghargaan yang tinggi atas prestasi dan pengabdian para Prajurit Marinir yang tidak hanya menjadi kebanggaan Korps atau TNI Angkatan Laut, tetapi juga bangsa dan negara. Saya juga mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang telah berpartisipasi dan mendukung Korps Marinir kita," tegas Kasal.

Kasal juga menekankan agar senantiasa menjaga soliditas antara TNI, POLRI, Pemerintah dan Rakyat guna memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa serta tidak melibatkan diri pada politik praktis terutama pada masa pilkada serentak.

Usai upacara militer, kegiatan dilanjutkan dengan pengangkatan Wakil Gubernur Jawa Timur Drs. H Saifullah Yusuf sebagai warga kehormatan Pasmar-1. Pengangkatan Wagub Jatim  sebagai warga kehormatan Pasmar-1 ditandai dengan pemakaian jaket Marinir dan topi Pasmar-1 oleh Komandan Pasmar-1.

Sebelumnya Baret dan topi tersebut dibawa oleh dua peterjun prajurit Batalyon Intai Amfibi-1 Marinir yang mendarat di tengah-tengah lapangan Taman Suramadu. Kegiatan dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng oleh Komandan Pasmar-1 Brigadir Jenderal TNI (Mar) Lukman, S.T.,M.Si (Han), Wagub Jatim Drs. H Saifullah Yusuf dan Ketua Korcab Pasmar-1 Ny. Lukman. Potongan tumpeng diberikan kepada prajurit berprestasi yaitu Praka Mar M. Alfian dari Yontaifib-1 Marinir. Selain upacara militer dan pengangkatan Wagub Jatim sebagai warga kehormatan Pasmar-1, peringatan HUT ke 71 Korps Marinir juga dimeriahkan dengan terjun payung, kolone senapan 'Marinir Junior' dan bakti sosial kesehatan bagi masyarakat. Seluruh kegiatan diakhiri dengan acara hiburan dengan menampilkan artis-artis Jawa Timur dan pelawak Tarsan dan Polo.

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages