Finish Pawai Ogoh-ogoh - KIM BAHARI SUKOLILO BARU

Breaking

Post Top Ad

27/03/2017

Finish Pawai Ogoh-ogoh


Finish Pawai Ogoh-ogoh 

Surabaya - Perjalanan pawai ogoh - ogoh sejak sore tadi dari pura segara komplek TNI AL kelurahan sukolilo baru kecamatan Bulak Kota Surabaya dilanjutkan ke perumahan pantai mentari lalu masuk ke jembatan suroboyo hingga melewati jl. Sukolilo lor kemudian kembali ke pura segara merupakan perjalanan yang sangat melelahkan, senen, 27/3/17

Sebelas Ogoh-ogoh yang diparadekan diiringi dengan ritual - ritual pemujaan dibeberapa titik yang dilewati dengan memercikkan air suci oleh pemangku adat ( pimpinan rombongan ) menjadi obyek wisata budaya yang sangat ditunggu oleh warga sukolilo baru khususnya dan warga Surabaya umumnya. 

Rangkaian acara terakhir dari pawai Ogoh-ogoh ini adalah pembakaran Ogoh-ogoh yang dilambangkan sebagai perwujudan kejahatan dan keangkaramurkaan manusia yang harus dimusnahkan dengan cara dibakar

Padamnya api pembakaran Ogoh-ogoh menandai selesainya acara penyucian diri bagi ummat hindu dan mempersiapkan diri untuk hari raya Nyepi dimulai pukul 12.00 dini hari nanti. 

Selama 24 jam kedepan umat hindu akan melaksanakan ritual Pati geni , tidak beraktifitas, tidak menyalakan lampu , tidak berbuat apapun selama 24 jam dalam artian puasa dari segala hal duniawi untuk menjadi pribadi yang suci dan terlahir Kembali dengan lebih baik. ( Bunda Tri )

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages