Harta yang tersembunyi di Kulit Kerang - KIM BAHARI SUKOLILO BARU

Breaking

Post Top Ad

Responsive Ads Here

27/05/2017

Harta yang tersembunyi di Kulit Kerang

Harta yang tersembunyi di Kulit Kerang


Surabaya - Salah satu sumber daya alam yang ada di perairan pantai kenjeran adalah kerang , yang menjadi spesifikasi warga Nambangan kelurahan Kedung cowek dan warga cumpat  kelurahan kenjeran kecamatan Bulak kota Surabaya

Selama ini kerang telah menjadi penghasilan utama bagi nelayan yang ada di pesisir pantai kenjeran untuk diolah menjadi makanan yang siap dipasarkan dengan cara di rebus lalu dikuasai cangkangnya dan dijual di pasar tradisional

Selama ini siklus yang dilakukan warga sudah turun temurun dari nenek moyangnya seperti itu , adapun pasar tradisional yang menjadi sasaran penjual kerang yang sudah di rebus adalah pasar pabean , pasar krampung , pasar tuwowo dan pasar surya.

Pengolahan kerang yang telah menjadi tradisi turun temurun tidak semata - mata menyelesaikan satu Masalah ekonomi warga sekitar,  namun ada satu masalah yang timbul yaitu limbah kulit cangkang yang dibuang di pinggir pantai .

Adanya limbah kulit cangkang kerang bersama dengan sampah plastik dan sampah rumah tangga yang terus dibuang dipinggir pantai menjadi limbah yang merusak lingkungan dan tidak sedap dilihat .

Beberapa elemen masyarakat yang peduli lingkungan beberapa kali ikut membantu membersihkan sampah yang mengotori lingkungan pantai Nambangan Surabaya namun itu juga tidak menjadikan pantainya bersih .

Faktor kesadaran yang dimiliki warga akan lingkungan bersih dan budaya  membuang sampah pada tempatnya masih minim sehingga setiap kali pantainya dibersihkan selang beberapa hari pantai akan kembali kotor .

Hal inilah yang mendasari pemerintah kota surabaya untuk menggandeng lembaga lembaga tertentu agar bisa memberikan solusi guna memperbaiki keadaan yang sangat memprihatinkan ini.

" kabar baik yang kami terima dari institut teknologi 10 november  ( ITS ) Surabaya bahwa cangkang kerang bisa dijadikan makanan ternak dengan cara dihaluskan dengan mesin yang sudah mereka rancang yang kemudian bisa dijadikan makanan ternak yang mengandung protein tinggi " Ujar  Prayit Camat Bulak .

Satu terobosan baru dan sudah diuji di laboratorium secara detail terkait manfaat dari olahan cangkang kerang yang bisa dijadikan makanan ternak .

" tunggu tanggal mainnya ya, persembahan mahasiswa ITS untuk kecamatan  Bulak makin baik dan terbebas dari sampah dan juga bisa meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat dengan memaksimalkan limbah menjadi komoditi makanan yang bernilai jual " lanjut camat yang murah senyum ini  ( Bunda Tri )

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages