07/03/2018

triekosulistio wati

Benowo Sulap Gunung Sampah Jadi PLTSa

Benowo Sulap Gunung Sampah Jadi PLTSa


Surabaya - Salah satu potensi lokal yang dimiliki kota Surabaya adalah gunungan sampah yang terpusat di LPA Benowo dengan putaran uang ratusan juta rupiah , Rabu 7/3/18

Pegiat kelompok informasi masyarakat kecamatan Pakal,  Rian dan Setiari lilik bersama Bobbin Nila Prasantayuda ketua Forum KIM Surabaya berkesempatan untuk mengunjungi LPA Benowo sebagai bagian branding kearifan lokal yang ada di wilayah Surabaya Barat tepatnya di daerah Benowo Pakal.

Bagi warga Benowo yang sudah akrab dengan keluar masuknya kendaraan pengangkut sampah utamanya dengan baunya , benar-benar memanfaatkan bagaimana sampah dirubah menjadi berkah.

Pemerintah kota Surabaya telah menjalin  kerjasama dengan negara asing untuk merubah sampah menjadi gas pembangkit listrik "Bayangkan berapa milyar perbulan, kalau perjam bisa menghasilkan 1 mega watt listrik kali 24 jam kali 1 bulan"tegas Rian

Penduduk yang membuang sampah secara teratur sesuai anjuran pemerintah dengan memilah sampah basah dan sampah kering bisa diberdayakan sesuai kegunaan tentunya dengan pengolahan dan manajemen yang tertata.

Dan Surabaya pun telah melakukan pemilahan sampah untuk kemudian di bawa ke bank sampah dan ada juga yang berakhir di LPA Benowo yang pastinya akan diolah menjadi sesuatu yang lebih bernilai ekonomis 


Dibalik sesuatu yang di anggap tidak berguna seperti sampah ternyata disitu terselip potensi besar yang bisa dijadikan lahan peruntungan , perputaran uang yang ada di LPA Benowo luar biasa utamanya karena dari sampah dirubah menjadi  gas pembangkit listrik (PLTSa)

"Setiap hari minimal 50 dump truck sampah yang masuk ke lokasi pembuangan LPA Benowo , maka bila permasalahan sampah tidak dikelola dengan baik akan jadi apa Surabaya kota pahlawan ini ".pungkas Rian  ( Bunda Tri )

triekosulistio wati

About triekosulistio wati

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :