Kader Jumantik Siap Perang Lawan Jentik - KIM BAHARI SUKOLILO BARU

Breaking

Post Top Ad

14/02/2020

Kader Jumantik Siap Perang Lawan Jentik

Kader Jumantik Siap Perang Lawan Jentik

Lurah Sukolilo Baru Bersama Kader Jumantik

Surabaya - Musim hujan meninggalkan banyak genangan yang bisa menjadi sarang nyamuk untuk berkembang biak sehingga upaya pencegahan pun dilakukan warga bersama kader Jumantik Sukolilo baru untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) untuk antisipasi pencegahan penyakit DBD di kampung nelayan.14/2/2020

R. Trikoesfedi , Lurah Sukolilo Baru mengatakan, untuk mengantisipasi datangnya DBD, pihaknya bahu membahu bersama  juru pemantau jentik (jumantik) dengan programnya yaitu “Gerakan 1 rumah 1 jumantik”. 

Kader Jumantik Memeriksa jentik di kamar mandi warga

Tugas jumatik adalah melakukan pendampingan dan monitoring Gerakan 1 Rumah 1 Jumantik sebagai mitra  di bawah koordinasi puskesmas dalam mencegah dan menurunkan angka penyakit DBD. 

Selain itu, kader ini juga bertugas untuk memantau kondisi lingkungan sekitar dari penyebaran penyakit melalui kegiatan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) yang dilakukan secara rutin setiap hari Jumat.

PSN itu terdiri dari pemantauan tempat perkembangbiakan, cara pemberantasan, mengetahui siklus nyamuk, memahami Angka Bebas Jentik (ABJ) dan mengetahui penggunaan larvasida (bubuk pembunuh jentik).

Gerakan satu Rumah Satu Jumantik  " Melalui 3 langkah Yaitu ,Tiap keluarga menunjuk satu orang anggota keluarganya menjadi Jumantik di rumahnya sendiri , Jumantik Rumah mengajak anggota keluarga melakukan PSN di lingkungan rumahnya masing-masing satu minggu sekali dan PSN yang dilakukan adalah 3M- Plus (Bunda Tri)

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages