Mengenang TRITURA - KIM BAHARI SUKOLILO BARU

Breaking

Post Top Ad

10/01/2023

Mengenang TRITURA

 Mengenang TRITURA


Tri Tuntutan Rakyat (disingkat Tritura) adalah 3 tuntutan kepada pemerintah yang diserukan para mahasiswa yang tergabung dalam Kesatuan Aksi Mahasiswa Indonesia (KAMI).


Isi Tritura adalah: Pembubaran PKI beserta ormas-ormasnya. Perombakan kabinet Dwikora. Turunkan harga pangan.


Peringatan ini bermula dari tragedi berdarah Gerakan 30 September 1965 yang mengakibatkan adanya aksi yang diprakarsai oleh Gerakan Mahasiswa yaitu aksi tritura dengan dalih bahwa pemerintahan Orde Lama yang lambat dan tidak tegas terhadap PKI (Partai Komunis Indonesia) yang dianggap sebagai biang kerusuhan pada waktu itu.


Arif Rahman Hakim (24 Februari 1943 – 24 Februari 1966) adalah mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia yang meninggal karena ditembak sewaktu berlangsungnya demonstrasi mahasiswa yang menuntut Tritura atas pemerintahan Orde Lama di bawah Presiden Soekarno pada tanggal 24 Februari 1966.


Ikhwan Ridwan Rais (5 Agustus 1951 – 30 Maret 1966) merupakan salah satu tokoh pahlawan ampera yang tewas di Jakarta pada peristiwa wisma marta. Pemuda asal Bandar Lampung gugur sebagai pahlawan ampera dalam usia yang relatif muda (14 tahun).


Indonesia, 57 Tahun Tritura

10 Januari 2023 (RSP)

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages