Peran Orang tua Siswa Wujudkan Sarapan Sehat Bergizi Seimbang - KIM BAHARI SUKOLILO BARU

Breaking

Post Top Ad

25/02/2023

Peran Orang tua Siswa Wujudkan Sarapan Sehat Bergizi Seimbang

 Peran Orang tua Siswa Wujudkan Sarapan Sehat Bergizi Seimbang 

Suasana sarapan sehat di SDN Bulak Rukem I Surabaya

Surabaya - Ratusan siswa kelas satu SDN Bulak Rukem I Surabaya menikmati lezatnya menu empat sehat lima sempurna bekal yang dibawanya dari rumah dimakan bersama-sama di halaman sekolah, Sabtu 25 Februari 2023


Suka cita peserta didik yang membawa bekal telah dipersiapkan usai seremonial pembacaan doa dan apersepsi di kelas masing-masing, ada yang bawa menu sayur asem tahu tempe dan ayam goreng ada juga dilengkapi dengan buah dan susu. 


Edukasi kesehatan seputar makanan empat sehat lima sempurna yang diberikan sebelum siswa memulai membuka kotak makan dan botol minuman yang dibawa ke sekolah diberikan dalam bentuk kuis berhadiah yang menambah semangat siswa untuk merindukan momen bahagia seperti ini.

Pembagian sate buah dilakukan oleh walimurid 


Pembiasaan mencuci tangan sebelum dan sesudah makan serta adab makan yang disampaikan diantaranya makan tidak boleh sambil bercakap-cakap , tidak lupa membaca doa sebelum dan sesudah makan agar mendapatkan keberkahan.


Kreativitas, kasih sayang dan perhatian orang tua yang tergambar di menu makanan yang dibawa siswa menjadikan mereka semangat dan bangga kepada orang tua yang bersusah payah menyiapkan menu makanan yang dibawanya ke sekolah.


Khusus di kelas 1 A dan 1 C menu makannya seragam karena dikondisikan dan dikelola oleh walimurid , mereka bahu membahu bekerjasama menyiapkan menu makanan yang sangat disuka anak-anak diantaranya sayur SOP ayam , perkedel kentang, ayam goreng , sate buah dan es buah ditambah susu coklat.

Walimurid bahu membahu bergotong royong menyiapkan menu sarapan sehat 


Komunikasi dua arah yang dilakukan guru di sekolah dan walimurid di rumah melalui whatsApp gruop dan juga buku penghubung bisa memunculkan ide-ide kreatif yang mendapatkan dukungan suara terbanyak sehingga mencapai satu kemufakatan yang diterima dan dijalani bersama.


"Kami sangat berterimakasih kepada bapak ibu walimurid yang sudah menyiapkan sarapan sehat buat anak-anak di sekolah , diharapkan agar ini bisa menjadi pembiasaan baik yang dibiasakan di rumah masing-masing sehingga perut mereka kenyang sebelum berangkat sekolah dan sesampai nya di sekolah mereka lebih siap menerima pelajaran". Ujar Yuni Kurniawati walikelas 1 A sekaligus koordinator tunas hijau di SDN Bulak Rukem I Surabaya


Diakui atau tidak sinergi yang dibangun antara sekolah , walimurid dan siswa bisa mengantarkan tujuan pendidikan lebih bisa tercapai sesuai target yang ditentukan menjadi satu pemikiran jitu untuk melibatkan walimurid disetiap kegiatan yang akan diadakan di sekolah.


"Tanpa adanya kerjasama yang baik antara walimurid yang menyiapkan menu makanan sehat dari rumah dan siswa yang menikmati kelezatannya dengan difasilitasi oleh sekolah  tidak akan mungkin program sarapan sehat pagi ini akan terlaksana dengan sukses dan lancar". Tambahnya (Bunda Tri) 

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages