Sukolilo Sentra Pengolahan Tripang - KIM BAHARI SUKOLILO BARU

Breaking

Post Top Ad

15/05/2014

Sukolilo Sentra Pengolahan Tripang

Sukolilo Sentra Pengolahan Tripang


KIM BAHARI - Desa Sukolilo RW 02 Kelurahan Sukolilo Baru Kecamatan Bulak kota Surabaya yang terletak di timur Surabaya, merupakan kampung nelayan yang memiliki sumber daya alam kebanggaan yaitu terung dan teripang , camilan krupuk asli laut kenjeran .


Salah satu potensi yang terkenal di daerah tersebut adalah hasil olahan teripang, mulai dari cara menangkap sampai pengolahannya yang nampaknya menjadi produk yang paling banyak dijual di dalam area wisata pantai maupun di sepanjang jalan setelah pintu masuk pantai kenjeran baru.

Dari sekitar 20-an toko, jenis kerupuk yang dijual relatif sama diantaranya kerupuk terung , kerupuk teripang , kerupuk kentang dll.
“sebab isi perut teripang itu sebagian besar cuma air dan lumpur,” ujar salah satu isteri nelayan yang siang itu sedang membersihkan teripang.
Teripang adalah hewan laut yang bentuknya seperti lintah berukuran jauh lebih besar. Namun, ketika sudah menjadi kerupuk, ukurannya tak lagi besar , imbas dari proses pengolahan.
Ciri binatang teripang berwarna hitam , lonjong dengan permukaan yang lunak.
Beliau menambahkan pahit manis sebagai nelayan teripang sudah dirasakan walaupun begitu hasil yang didapat cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarganya, ujar bapak 3 anak ini.
Salah satunya narasumber yang bernama pak Asari Fitrah, beliau sudah lama menjadi penangkap teripang dengan alat penangkap yang bernama ‘garit’ cara mengambilnya ditarik dari belakang dengan perahu, biasanya bulan maret paling banyak hasil yang di dapat.
*Pengolahan Teripang*
Ditiriskan dan setelah agak dingin baru dilanjutkan dengan proses ngototi ( memisahkan tubuh teripang dengan otot-otot nya) lalu masing masing dijemur ditempat terpisah
Pengolahan teripang harus diproses secara khusus. Teripang hasil mengambil dari laut di angkat ke darat lalu teripang di tiriskan dan di belah tengahnya guna mengeluarkan air dan kotoran yang berada di dalam tubuh teripang setelah itu ditiriskan, tahap selanjutnya teripang direbus tanpa air ( tubuh teripang mengeluarkan air ) lalu dibolak-balik dan dicuci.
Tahap kedua teripang direbus lagi dengan air sampai kenyal dan kaku, setelah itu diangkat dan dijemur hingga kering *Otot Teripang*

Bagian ini yang memliki nilai ekonomis yang tinggi kata “ibu Cipluk ” narasumber kita ’ sebab harganya lumayan mahal dibanding krupuk teripangnya , Proses penggorengannya sangat mudah , setelah dijemur dan kering , otot diberi bumbu garam dan bawang putih lalu dijemur lagi hingga kering , baru otot siap di goreng.
Begitulah salah satu kegiatan potensi sumber daya alam pesisir yang berada di wilayah surabaya Timur tepatnya didesa sukolilo. ( Bunda Tri)




1 comment:

  1. numpang promo ya gan
    kami dari agen judi terpercaya, 100% tanpa robot, dengan bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% segera di coba keberuntungan agan bersama dengan kami
    ditunggu ya di dewapk^^^ ;) ;) :*

    ReplyDelete

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages