Cara Membuat Jala Ikan Dengan Sederhana - KIM BAHARI SUKOLILO BARU

Breaking

Post Top Ad

Responsive Ads Here

16/07/2015

Cara Membuat Jala Ikan Dengan Sederhana


16/7//2016
Sejak seminggu ini hujan turun setiap pagi seperti hari ini , mumpung masih liburan ku asah hobby nulisku , Kali ini penulis sengaja memposting  tulisan cara membuat jala ikan dengan kontributor bapak suharto , anggota TNI  AL  masih aktif yang memiliki hobi memancing .pas banget dengan suasana hari ini yang adem karena guyuran air hujan .


Yang perlu disiapkan   untuk membuat jala  adalah jarum khusus ( Suban  ) bisa dibuat sendiri dari bambu atau beli di tempat pasar / toko yang khusus menjual peralatan pancing.
Alat kedua yang perlu disiapkan adalah suri , sebuah alat cetak yang terbuat dari bambu gunanya untuk mencetak ukuran lubang jala yang sama.


Yang paling utama dalam pembuatan jala  adalah bahannya,  yang harus disiapkan adalah benang senar putih ( bisa dibeli di toko pancing ) dengan ukuran sesuai kebutuhan , tergantung berapa panjang dan lebar jala  yang akan dibuat.

Pertama tama benang senar di gulung ke Suban  secukupnya ,ikatkan  tali sebagai pusat jala lalu mulailah merajut dengan menggunakan suri  sebagai cetakannya sesuai lebar ukuran yang akan dibuat.

Langkah selanjutnya jalin benang secara berurutan ke bawah dan jangan lupa ikat dengan ikatan tali mati agar jalinan tidak mudah bergeser dan tidak berubah bentuk serta ukuran .

" Lanjutkan merajut hingga ukuran yang di inginkan terwujud " begitu keterangan akhir yang disampaikan pak suharto , 46 tahun

Selamat mencoba

Bapak Suharto

5 comments:

  1. Maaf mau tanya tuk permulaan membuat jala...rajutan(kolom)pertama berapa?rajutan(kolom)kedua berapa?dan seterusnya?????

    ReplyDelete
  2. Hahah kedekut ilmu.bawa mati ajalah ilmu itu.ini bukan cara buat jala kalau gitu.harus ada penerangan yang jelas.

    ReplyDelete
  3. Iya kurang jelas, rumusnya gmna bos

    ReplyDelete

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages