Pagoda Tian Ti KenPark - KIM BAHARI SUKOLILO BARU

Breaking

Post Top Ad

01/08/2015

Pagoda Tian Ti KenPark

KIM BAHARI - Sudah menjadi rahasia umum bila objek wisata Pantai Ria Kenjeran di Surabaya sering dikait-kaitkan dengan tempat wisata murahan karena sering dijadikan tempat (maaf) “gendaan” (berpacaran) pasangan muda-mudi yang sedang dimabuk asmara. Coba saja bila Anda berkesempatan mengunjungi pantai ini, persis di pinggir hutan mangrove dekat Pagoda Tian Ti, Anda akan melihat banyak pasangan muda-mudi duduk mesra saling berdekatan, bukan sekedar bercengkerama biasa. Mereka asyik berkencan ria sambil sembunyi-sembunyi di bawah rimbunnya pepohonan mangrove. Sama sekali tak menghiraukan lalu-lalangnya para pengunjung pantai yang jadi andalan Pemerintah Kota Surabaya ini.

Gerbang masuk KenPark Surabaya Sebenarnya objek wisata Pantai Ria Kenjeran (Kenjeran Park/Ken Park) di Surabaya, Jawa Timur ini tak kalah dengan pantai-pantai lainnya di tanah air. Meski airnya tak sebening kaca namun Pantai Kenjeran Surabaya masih memiliki pesona yang memikat para wisatawan. Tidak hanya itu, di kawasan pantai yang menjadi kebanggaan warga Surabaya ini juga terdapat beberapa objek wisata penunjang lainnya diantaranya Patung Budha Empat Wajah Berlapis Emas, Klenteng Sanggar Agung dengan Dewi Kwan Imnya dan Pagoda Tian Ti. Tian Ti sendiri berarti langit-bumi atau dalam istilah asingnya disebut sky world. Pagoda ini merupakan tiruan dari pagoda yang ada di Beijing, China. Pembangunan Pagoda Tian Ti merupakan ide cemerlang dari pengelolah Ken Park.

Sudut lain dari gerbang masuk KenPark Surabaya Harapannya dengan meniru warisan bersejarah di China ini akan meningkatkan greget wisatawan yang mengunjungi Ken Park sebab bangunan pagoda kuno di Beijing itu merupakan bangunan cagar budaya yang banyak diminati masyarakat dunia. Pagoda Tian Ti berbentuk bundar, terdiri dari tiga tingkat (lantai). Uniknya ruangan dalam bangunan ini dibiarkan kosong tanpa asesoris atau ornamen agama tertentu karena memang tidak untuk tempat upacara ritual agama tertentu. Diameternya mencapai 60 meter dengan ketinggian 58 meter. Khabarnya ukuran ini lebih tinggi dan lebih besar dari pagoda aslinya yang ada di Beijing, China. Namun warna pagoda, ornamen, ukiran dan asesoris dibuat sama persis dengan aslinya.

Mendongkrak wisatawan dengan membangun tiruan kuil kuno di Beijing Kalau pagoda kuno Beijing yang diyakini sebagai temple of heaven itu sangat disakralkan dan tidak semua pengunjung dengan bebas dan leluasa bisa memasuki pagoda suci itu. Namun di Pagoda Tian Ti pengunjung bisa dengan leluasa mengunjunginya. Untuk masuk ke Pagoda Tian Ti, Anda tak dikenakan biaya alias gratis. Pagoda Tian Ti di Kenjeran Surabaya juga menjadi surganya para penggemar fotografi. Pernah suatu ketika Darwis Triadi, fotografer kondang itu melakukan pemotretan dengan latar belakang Pagoda Tian Ti. Traveler yang penasaran dengan kemegahan Pagoda Tian Ti bisa mengunjunginya di kompleks wisata Ken Park. 






No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages