Menteri ESDM : TPA Benowo Juara Terbaik Pengelolahan Sampah Berbasis listrik se-indonesia - KIM BAHARI SUKOLILO BARU

Breaking

Post Top Ad

02/05/2016

Menteri ESDM : TPA Benowo Juara Terbaik Pengelolahan Sampah Berbasis listrik se-indonesia

Menteri ESDM : TPA Benowo  Juara Terbaik Pengelolahan Sampah Berbasis listrik se-indonesia



KIM BAHARI - Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Benowo menjadi contoh pengolahan sampah di Indonesia , berdasar penilaian Kementerian Lingkungan Hidup ( 2014 ) , TPA Benowo mendapat juara terbaik pengelolahan sampah berbasis listrik se-indonesia

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mengatakan, sistem pengolahan sampah TPA Benowo menjadi listrik dan bahan baku bangunan kedepanya mempunyai manfaat cukup besar. Artinya, sampah yang sebelumnya selalu menjadi barang yang terbuang nantinya bisa bernilai ekonomi tinggi. "Kalau tidak salah nantinya air limbah yang selalu menjadi persoalan itu bisa diolah menjadi air bersih," kata Tri Rismaharini, Jumat (13/6/2014).

Oleh karena itu, dikatakan Risma, dengan sistem pengelolaan sampah berteknologi moderen tersebut nantinya tidak ada sampah yang tersisa di TPA Benowo.
Bahkan, hasil olahan sampah kedepan bisa mendatangkan manfaat bagi warga Surabaya. "Itulah yang menjadi penilaian positip kementerian LH sehingga menjadi sistem pengolahan sampah TPA Benowo menjadi projeck pilot nasional," tandas Risma.

Menteri Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said datang dan berkunjung ke TPA Benowo menilai pengelolaan sampah di Tempat Pengelolaan Akhir (TPA) Benowo sudah cukup baik dengan dibuktikan tidak ada bau dan adanya konversi sampah menjadi energi listrik.
     
"Kota Surabaya merupakan salah satu dari 7 kabupaten kota yang paling siap dalam proses konversi  sampah menjadi energi listrik," kata Menteri Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said saat berkunjung ke TPA Benowo, Senin.

satu hal yang masih menjadi pekerjaan rumah bagi pemerintah kota Surabaya adalah bagaimana mengurani bau yang kurang sedap dan saat ini pemkot juga sedang mencari solusi untuk membangun Buffer Zone di TPA Benowo
 




No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages