Pagelaran Akbar KPM Sang Pemberdaya Kota Surabaya tahun 2016 - KIM BAHARI SUKOLILO BARU

Breaking

Post Top Ad

23/09/2016

Pagelaran Akbar KPM Sang Pemberdaya Kota Surabaya tahun 2016

Pagelaran Akbar KPM Sang Pemberdaya Kota Surabaya tahun 2016


Surabaya - Bapemas kota Surabaya bertempat di gedung wanita Surabaya menggelar  Pagelaran Akbar KPM Sang Pemberdaya Kota Surabaya tahun 2016 yang diikuti oleh 31 kecamatan  dengan 3 macam lomba yang pertama lomba  Yel-yel dan Simulasi FGD menggagas masa depan kelurahan, yang kedua lomba  Mars-ikrar KPM dan Business Plan, dan lomba KPM Fasilitator Pembangunan Kelurahan ( 19-21/9/2016 ).

Sasaran peserta yang dituju pada lomba kali ini adalah LKMK, PKK BKM, KATAR, TOGA/TOMAS, KPM dari tiap tiap kelurahan. Sedangkan Harapan yang dinginkan lebih kepada , agar kecamatan dapat mengetahui permasalahan yang dimiliki setiap kelurahan dan mempertimbangkan solusi untuk mengatasi permasalahan.


Banyaknya durasi waktu lomba dan mata lomba tidak memungkinkan diadakan sehari selesai ,karena itu kemudian lomba penyisihan di adakan 2 hari dan final di hari ke 3, terutama untuk lomba FGD dan yel yel di babak penyisihan diikuti oleh 15 kecamatan sedangkan di hari berikutnya diikuti 16 kecamatan sedangkan yang masuk babak final adalah Kecamatan Simokerto , Sukomanunggal , Gunung Anyar , Jambangan, Sukolilo , Wiyung , Tenggilis Mejoyo , Tegalsari , Gayungan dan Gubeng

Lomba FGD semacam forum diskusi terfokus dari suatu group untuk membahas suatu masalah tertentu, dalam suasana informal dan santai. Jumlah pesertanya bervariasi antara 5-10 orang dalam sebuah ruangan dan duduk membuat lingkaran, dilaksanakan dengan panduan seorang moderator. Dengan teknik yang cocok bagi permasalahan yang bersifat sangat local dan spesifik.
Hal ini bertujuan untuk Memberikan inspirasi dan motivasi bagi KPM lainnya dalam memfasilitasi Pemberdayaan Masyarakat dan pengelolaan pembangunan partisipatif di Kelurahan, Mendorong perhatian pemerintah kota, kelurahan, lembaga kemasyarakatan dan segenap pemangku kepentingan dalam memberikan pembinaan kepada KPM.

Sedangkan untuk lomba fasilitator KPM dengan Menggali praktik-praktik terbaik (best practices) fasilitasi pemberdayaan masyarakat oleh KPM yang bermanfaat sebagai bahan pembelajaran bagi semua pihak, Menumbuhkan, menggerakkan prakarsa, partisipasi dan swadaya gotong royong masyarakat, Meningkatkan kualitas KPM baik teknis maupun operasional dalam mengembangkan kemandirian dan kemampuan berusaha masyarakat diberbagai bidang di wilayahnya, Meningkatkan peran KPM dalam pemberdayaan masyarakat melalui pendayagunaan potensi ekonomi, sosial, dan lingkungan hidup yang ada di wilayahnya, dan Mendorong KPM dalam menggerakkan dan memotivasi masyarakat guna mewujudkan kemandirian masyarakat melalui pengembangan potensi wilayah yang dimiliki.

Dan yang terakir adalah lomba Alhamdulillah Mars-ikrar KPM dan Business Plan...selesai sudah Pagelaran akbar KPM Sang Pemberdaya Kota Surabaya tahun 2016 dalam dengan baik dan lancar, semoga tujuan dalam kegiatan ini menjadikan Kota Surabaya lebih baik dan bisa memakmurkan masyarakatnya...Aamiin ( Bunda Tri )

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages