Patung Sura dan Baya Kenjeran Riwayatmu Kini - KIM BAHARI SUKOLILO BARU

Breaking

Post Top Ad

09/10/2016

Patung Sura dan Baya Kenjeran Riwayatmu Kini

Patung Sura dan Baya Kenjeran Riwayatmu Kini



KIM BAHARI - Tahukah Anda, selain  3 titik lokasi Patung Sura dan Buaya yang ada di Surabaya. Diantaranya, Tugu Pahlawan , yang kedua monumen yang  berdiri di Bantaran Sungai Kalimas, tepatnya berada di Taman Skate dan Board di Jalan Ketabang Kali dan Monumen Di Bundaran Jalan Tanjung Priok , sebenarnya ada satu lagi patung Sura dan Buaya yang ada di wisata pantai ria Surabaya , masyarakat sekitar menyebutnya pantai kulon.

Pantai Kulon masih satu area dengan Pantai Ria Kenjeran terletak di kelurahan Sukolilo Baru kecamatan Bulak di timur Surabaya, sekitar 9 Km dari pusat kota , lokasi patung sura dan baya yang terabaikan  berada di sebelah barat pintu masuk utara wisata pantai ria kenjeran baru ( Ken Park ) Surabaya ,tepatnya berada di belakang lapak  penjual kerupuk warga sukolilo baru.



Patung Sura dan Baya Kenjeran  yang terabaikan

Kumpulan anak muda kreatif Surabaya yng tergabung di Komunitas Love Suroboyo, mencoba mencari jejak dan mendokumentasikannya dalam sebuah perjalanan napak tilas  pagi ini ( 9/10/2016)

Seperti yang kita tahu Patung Sura dan Buaya adalah  simbol dari kawasan berjuluk kota Pahlawan ini berasal dari dua hewan yang menjadi simbol  yaitu Sura yang memiliki arti hiu dan Baya yang berarti buaya. Konon hal ini dikaitkan dengan kisah perkelahian hidup dan mati antara Adipati Jayengrono yang menguasai ilmu buaya dan Sawunggaling yang menguasai ilmu sura.

Patung Sura dan Buaya yang ada di wisata pantai ria Surabaya saat ini kondisinya sangat mengenaskan , terkesan kusam dan tidak terawat ditambah dengan lokasinya terkesan angker , sehingga masyarakat hampir melupakannya .


Mess Karyawan Pantai Ria Surabaya

Faidzin , salah satu penduduk asli setempat menyampaikan “ pantai kulon dulunya ramai pengunjung karena disini selain digunakan sebagai pusat kegiatan olahraga , mulai dari mancing , renang , pacuan kuda, drag race , motor crossfutsal, dan sebagainya, juga ada motel sebagai tempat bermalam para tamu lengkap dengan restoran dan karaokenya , namun entah kenapa sejak puluhan tahun lalu pantai kulon ini sudah tidak beroperasi lagi, mungkin karena sepi pengunjung “


                                                             Mess Karyawan Pantai Ria Surabaya

“ Saat ini lokasi pantai kulon kondisinya sangat memprihatinkan ,walaupun ada aktivitas beberapa karyawan pantai ria yang tinggal disitu , dan beberapa orang yang mancing namun kesan horror dan seram masih terasa bila kita datang kesana “ Ujar Faidzin ( Uci/Yosi/Tri/LS)


Komunitas Love Suroboyo




2 comments:

  1. Nice inpo Gan, bener bener baru tahu kalau ada patung Suroboyo di area Kenpark.

    ReplyDelete
  2. Nice inpo Gan, bener bener baru tahu kalau ada patung Suroboyo di area Kenpark.

    ReplyDelete

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages