gebyar Pemberantasan Sarang Jentik Nyamuk (PSJN) - KIM BAHARI SUKOLILO BARU

Breaking

Post Top Ad

13/01/2017

gebyar Pemberantasan Sarang Jentik Nyamuk (PSJN)

Surabaya - Untuk mengantisipasi merebaknya penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD), Pemerintah Kota Surabaya melalui Dinas Kesehatan menggelar apel kesiapsiagaan pencegahan penyakit DBD dengan mengadakan gebyar Pemberantasan Sarang Jentik Nyamuk (PSJN) serentak di wilayah Kota Surabaya, Jumat , 13/02/2017.

Hujan yang mengguyur Surabaya kemarin sejak sore hingga malam hari menyisakan banjir dan genangan air dimana - mana , (12/1) tidak menyurutkan langkah kader jumantik berkeliling dari satu rumah ke rumah warga lainnya untuk memeriksa jentik nyamuk yangvada di kamar mandi ataupun tempat penampungan air warga .

Walaupun sampai saat ini kota Surabaya masih belum ditetapkan dalam status Kejadian Luar Biasa (KLB), namun semua masyarakat harus waspada akan meningkatnya jumlah kasus DBD ini.

Di Surabaya sudah satu warga yang meninggal dunia karena penyakit yang disebabkan oleh virus dengue melalui nyamuk Aedes Aegypti ini.

Karena itu seluruh elemen masyarakat diterjunkan untuk mensosialisasikan dan melakukan pemeriksaan jentik nyamuk di masing-masing wilayahnya, mulai pihak kecamatan, kelurahan, RT dan RW, paguyuban kader, Ibu Pemantau Jentik (Bumantik), Siswa Pemantau Jentik (Wamantik), kader lingkungan, mahasiswa, hingga Perhimpunan Rumah Sakit (PERSI) Cabang Kota Surabaya juga turut andil dalam pemberantasan sarang jentik nyamuk ini.

Wali Kota Surabaya dalam arahannya memerintahkan kepada seluruh SKPD terkait untuk melaksanakan kerja bakti, menjaga kebersihan dan mewaspadai tempat-tempat yang terindikasi menjadi sarang berkembang biaknya nyamuk.

Kader yang bertugas dilapangan menghimbau kepada seluruh warga untuk rutin mengecek tempat-tempat penampungan air agar tidak menjadi sarang nyamuk. Ia berharap, dengan adanya partisipasi aktif dari masyarakat, penyebaran penyakit DBD dapat diminimalisir.

Lebih lanjut warga diminta turut memantau jentik nyamuk yang berada di tempat –tempat penampungan air warga. ( Bunda Tri )

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages