Kartar Bonek Meriahkan Karnaval Festival Pustaka Bergerak - KIM BAHARI SUKOLILO BARU

Breaking

Post Top Ad

12/03/2017

Kartar Bonek Meriahkan Karnaval Festival Pustaka Bergerak

Foto 📷 KIM Mojo

Surabaya – Dua ribu seratus peserta terdiri dari dari siswa SMP, SMA dan SMK juga dari Taman Bacaan Masyarakat yang berada di Lingkungan RW. Tapi ada satu peserta yang berbeda yaitu dari Karang Taruna Bonek Kelurahan Tambaksari pada Festival Pustaka Bergerak yang diadakan oleh kerjasama antara Pemerintah Kota Surabaya dan Gramedia , Minggu (12/3/17)

Karnaval Festival Pustaka Bergerak Surabaya 2017 di Balai Kota Surabaya yang diselenggarakan oleh Pemkot Surabaya dengan Kompas Gramedia Gruop, tujuannya untuk meningkatkan minat baca masyarakat melalui kegiatan yang menarik seru dan menjadikan pagelaran ini menjadi satu satunya ajang yang terbesar di Indonesia guna mengkampanyekan minat baca bagi masyarakat luas.

Para peserta yang terdiri dari penggiat literasi dan masyarakat umum berasal dari wilayah Surabaya dan Sekitarnya.Mereka telah terlihat berkumpul dan berbaris di halaman Balai Kota Surabaya untuk memulai kampanye gemar membaca dan membawa buku melalui rute: Balai Kota - Jalan Walikota Mustajab - Monumen Kapal Selam - Jalan Pemuda - Jalan Yos Sudarso.

Aneka kostum atau atribut bertema literasi dan unik seperti musik tradisional, burung merak, kostum koran, dan lain-lain. Ada yang istimewa dalam acara ini Parade Pustaka Berjalan dari  peserta dari Karang Taruna Bonek Kelurahan Tambaksari dipimpin oleh Febry Ketua Kartar Bonek dengan penampilan kreasi yang apa adanya tapi hasilnya luar biasa  dan menjadi perhatian para pengunjung yang melihat acara ini .

Keikutsertaan peserta akan ditransformasikan ke dalam 2 buah buku yang akan disumbangkan ke Taman Baca dan Komunitas Baca di wilayah Surabaya dan sekitarnya.Acara dibuka penampilan musik gamelan dari para peserta dan doa bersama, acara ini merupakan puncak dari dua acara yang telah diadakan sebelumnya. 

Public Relation Manager Gramedia Rezza Patria Wibowo mengatakan “ Gramedia juga memberikan sumbangsih untuk meningkatkan minat baca warga Surabaya , Jumlah peserta dari festival pustaka bergerak ini akan kami kalikan dua dan hasilnya akan kami ganti dengan buku sumbangsih," ucap Rezza.

Berdasarkan data, jumlah peserta kali ini ada sebanyak 2100 orang.Sehingga jumlah buku yang disumbangkan oleh Gramedia untuk Taman Baca Surabaya ada sebanyak 4200 buku berupa buku umum, buku cerita dan buku anak-anak.

"Kemarin targetnya 2000 tapi ternyata sampai 2100 maka yang akan kami sumbangkan bukunya ada 4200 buku. Hari ini kita serahkan simbolis dulu," ucap Rezza.

“ Dukungan pemkot untuk literasi Surabaya sudah sangat besar.Namun harus semakin digaungkan agar semangat budaya membaca bisa menyebar dengan memperbanyak kegiatan outdoor agar semangat literasi bisa menular," lanjutnya.( Bunda Tri )





No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages