Koordinasi Menyambut KIM Malaysia - KIM BAHARI SUKOLILO BARU

Breaking

Post Top Ad

13/03/2017

Koordinasi Menyambut KIM Malaysia



Surabaya - Kerjasama kementerian komunikasi informatika Indonesia dengan Malaysia dalam pengembangan kelompok informasi masyarakat  ( KIM ) berupa kunjungan KIM Malaysia ke Indonesia pertengahan april mendatang , senen 13/3/17

Koordinasi dan persiapan yang dilakukan diawali dengan forum dengar pendapat antara kementerian komunikasi informatika Indonesia  dengan Dinas Komunikasi dan Informasi Provinsi Jawa Timur beserta Kementrian Komunikasi dan Informasi Nasional guna memantapkan dan berkoordinasi dalam penyambutan tamu negara yaitu KIM Malaysia, yang akan berkunjung ke Indonesia .

Turut hadir pada kesempatan ini Beberapa KIM pilihan untuk mewakili Provinsi Jawa Timur dalam acara nanti yang sekiranya akan di gelar pada bulan april 2017, diantaranya KIM Melati dari Kota Sidoarjo, KIM Swaraguna,KIM Bahari , KIM Mojo, KIM Jambangan Hijau dari Kota Surabaya. Dinas-dinas yang terkait di antaranya Dinas Komunikasi Provinsi Jawa Timur, Dinas Pariwisata , Dinas Komunikasi dan Informasi Kota Surabaya dan  Kota Sidoarjo.

Para delegasi Kementrian Kominfo Republik berkenan meninjau langsung sepak terjang Kelompok Informasi Masyarakat atau KIM yang ada di Jawa Timur utamanya di Surabaya yaitu KIM Jambangan Hijau , KIM Swaraguna , KIM Moja dan KIM Bahari dari Kota Surabaya usai acara dengar pendapat didampingi oleh kabar Surabaya dan Dinas Komunikasi dan Informasi Kota Surabaya

Kunjungan  ke rumah pegiat UKM dari daur ulang sampah dan pengolahan daur ulang sampah dijambangan menjadi agenda pertama , banyak hal yang bisa diambil manfaat dari kunjungan kali ini akan kinerja kelompok informasi masyarakat yang ada di Surabaya yang notabene bukan hanya sebagai agen informasi namun juga sebagai pelayan dan pemberdayaan masyarakat.


Kunjungan ke KIM Jambangan

Surabaya memiliki lokasi Pusat Daur Ulang (PDU) Sampah 20 ton/hari Di Jambangan Kebonsari Surabaya, Salah satu pusat daur ulang modern dengan kapasitas produksi terbesar dewasa ini untuk wilayah Surabaya adalah di dalam ruangan seluas 20 x 35 m2 .
“ Puluhan pekerja memilah sampah anorganik berupa botol dan plastik diletakkan pada jalur berjalan. Sehingga plastik atau botol yang sudah terpilah akan berjalan secara otomatis menuju tempat pencacah botol plastik menjadi bijih plastic “ Ujar Boni Ketua Paguyuban KIM Surabaya
“ saat ini Surabaya bisa menghasilkan energy listrik sendiri dari sampah yang dikelola dengan baik , diantaranya digunakan untuk penerangan taman – taman kota “ Lanjutnya.

Masyarakat Jambangan sangat produktif dalam memberdayakan masyarakat yang ada dengan cara memaksimalkan potensi sumber daya manusia yang ada dengan membuat kerajinan tangan dari bahan daur ulang sampah diantaranya ada tas , topi , payung dll yang menjadi produk dari KIM Jambangan Surabaya.



Kunjungan  Ke KIM Mojo

KIM Mojo memiliki potensi yang sangat bagus sebagai kelompok informasi masyarakat , tidak hanya keberhasilannya dalam menciptakan kampung hijau dan bersih , memberdayakan masyarakat sekitar namun juga jaringan informasi yang telah dijaring antar masyarakat menjadikan KIM Mojo sebagai juara I lomba LCCK tingkat Jawa Timur.
“ Salah satu keunggulan KIM Mojo adalah Usaha kelompok masyarakat ( UKM ) berupa pengolahan daur ulang sampah menjadi produk yang bernilai jual seperti baju , topi dll. Dan juga telur Asin “ Ujar Ninda
“ Heeeemmmm telur Asinnya sangat Lezat “ Ujar Eka Kasi Kementrian Kominfo ( Bunda Tri )


No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages