Surabaya Gelar Deteksi Dini Kanker Serviks Gratis! - KIM BAHARI SUKOLILO BARU

Breaking

Post Top Ad

05/08/2017

Surabaya Gelar Deteksi Dini Kanker Serviks Gratis!

Surabaya Gelar Deteksi Dini Kanker Serviks Gratis!


Surabaya - Kanker serviks merupakan pembunuh wanita nomer satu hingga saat ini , yang harus dideteksi sejak dini , Sabtu 5/8/17

Tercatat setiap tahunnya ada sekitar 20.000 kasus baru kanker serviks yang ditemukan di Indonesia maka dari itu pemerintah kota surabaya menghimbau agar warga Surabaya berbondong bondong datang ke puskesmas terdekat untuk melakukan pemeriksaan kanker serviks sejak dini.

Progam yang digelar gratis bagi warga Surabaya di bulan kemerdekaan Republik Indonesia inj adalah pemeriksaan IVA ( Inspeksi Visual Asam asetat ) dan CBE  ( Clinical Breast Examination ) atau Pap Smear dan CBE.

Melalui program kesehatan ini pemerintah kota surabaya mentargetkan Surabaya bebas kanker , hal ini bisa terwujud tentunya dengan kerjasama yang baik dari semua elemen yang ada utamanya warga sendiri yang lebih mengetahui kebutuhannya akan arti kesehatan diri.

Selama sepuluh hari di bulan agustus ini warga Surabaya bisa mendapatkan pelayanan gratis periksa IVA di semua PKM di Surabaya.

Adapun persyaratan yang harus dipenuhi bagi calon peserta deteksi dini kanker serviks  adalah perempuan yang berumur 30 tahun sampai dengan  59 tahun dan yang pernah berhubungan seksual.

Deteksi dini kanker serviks ini bisa dilakukan sekali dalam setahun,  bila hasil pemeriksaan nya negatif atau normal smear,  maka setelah 365 hari,  pada tahun ke dua dan ketiga peserta dapat melakukan pemeriksaan kembali .

Bila pada tahun kedua , tepatnya 365 hari dari pemeriksaan kedua hasil pemeriksaan negatif atau normal smear,  maka pemeriksaan kembali dapat dilakukan setelah lima tahun.

Pemeriksaan IVA dan CBE ini bisa dilakukan di seluruh Puskesmas di kota surabaya dengan menunjukkan identitas diri sebagai warga kota surabaya  ( KTP Surabaya )

Lebih lanjut ketua TP PKK Kota Surabaya  menjelaskan " Masing-masing  PKM tanggalnya berbeda tergantung wilayah , namun tetap di bulan agustus ini selama sepuluh hari " Ujar siti nuriya zam zam

Peran PKK Kota Surabaya dalam hal ini sangat bermanfaat bagi warga Surabaya hingga ketingkat RT , melalui sosialisasi dan penyuluhan kesehatan wanita usia subur . para kader PKK tak kenal lelah menyampaikan pentingnya kesadaran wanita untuk memeriksakan diri ke puskesmas agar bisa terdeteksi dan apabila benar telah terjangkit kanker bisa segera ditangani lebih serius oleh tim kesehatan .

Selama ini , kader PKK melakukan pendekatan kepada perempuan Indonesia agar tidak malu atau takut memeriksa kesehatan secara dini utamanya kesadaran akan deteksi dini kanker serviks yang mampu merusak daya tahan tubuh , seorang wanita memiliki waktu 2 hingga 5 tahun untuk memeriksa perkembangan kanker serviks sebelum menyerang tubuh memiliki waktu untuk pengobatan melalui uji medis inspeksi visual menggunakan asam asetat IVA test

Begitu pentingnya deteksi kanker sejak dini membuat wanita lebih bisa menyiapkan payung sebelum hujan , terbukti pada pemeriksaan tanggal 4 agustus 2017 di Surabaya kemarin dari 600 wanita usia subur terdeteksi 25 orang positif mengidap kanker servik

Keseriusan pemerintah kota Surabaya untuk memberantas kanker servik sejak dini sangat luar biasa antara lain di bulan Oktober mendatang yang lebih dikenal dengan bulan Imunisasi Anak Sekolah,  Pemerintah kota Surabaya akan mengadakan Imunisasi HPV bagi siswi sekolah dasar kelas 5 dalam upaya pencegahan kanker serviks dengan target 25.000 siswi.

" Partisipasi  kader PKK , guru dan tokoh masyarakat sangat berpengaruh dan penting untuk memberikan pengertian agar orang tua murid mendaftarkan anaknya ke sekolah-sekolah mereka " lanjut Siti yang dikenal dengan panggilan bu sigid ( Bunda Tri )



No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages