28/08/2017

triekosulistio wati

Tips Agar Daging Qurban Tahan Satu Tahun

Tips Agar Daging Qurban Tahan Satu Tahun


Surabaya - Lebaran Haji tinggal menghitung hari , bisa dipastikan daging Qurban akan melimpah ruah dimana - mana , saatnya bagi - bagi tips agar daging Qurban bisa disimpan dan tahan lama lebih dari 1 thn di dalam freezer. Senen 28/8/17

Nanung Danar Dono, Ph.D., Direktur Halal Centre - Fak. Peternakan UGM membagikan tips - tips nya agar daging qurban tetap terjaga kualitasnya

Pertama sebelum disimpan, daging qurban jangan dicuci. Jika dicuci pakai air kran, kuman-kuman bisa masuk dan tinggal di dalam pori-pori daging. Itu bisa merusak kualitas daging. Jadi Nyucinya besok saja kalo pas mau masak daging.

Daging qurban yang didapatkan jangan disimpan memakai kresek warna hitam karena tas kresek hitam itu adalah hasil daur ulang  Tas kresek daur ulang warna hitam mengandung karsinogen yang dapat memicu sel kanker , pakailah kresek putih atau plastik bening.

Jika dapat daging banyak, jangan menyimpan daging utuh 2-4 kg di dalam freezer. Cara yang benar, potong-potong daging berukuran lebih kecil, lalu simpan di dalam plastik-plastik berukuran 1/2 kg atau 1 kg. Jika mau masak, ambil satu kantong kecil, biarkan yang lain tetap beku di dalam freezer , daging dalam keadaan beku dapat disimpan >1 tahun.

Sebelum disimpan di-freezer, simpan daging (mampir dulu) di dalam kulkas yg sejuk selama 4-5 jam. Setelah dingin, baru dimasukkan ke dalam lemari es (freezer).

Jika mau masak daging beku, jangan mencairkan es daging atau daging beku menggunakan air panas. Cara yang benar adalah letakkan daging beku tersebut di bawah air kran suhu normal (dalam keadaan daging masih terbungkus rapat dalam plastik).


" Setelah daging kembali empuk, buka plastik, cuci daging hingga bersih, tiriskan, lalu siap dimasak" Ujar  Nanung ( Bunda Tri )

triekosulistio wati

About triekosulistio wati

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :