Semarak Sumpah Pemuda Era Milenial di Sontoh Laut-Asemrowo Surabaya - KIM BAHARI SUKOLILO BARU

Breaking

Post Top Ad

20/10/2019

Semarak Sumpah Pemuda Era Milenial di Sontoh Laut-Asemrowo Surabaya

Semarak Sumpah Pemuda Era Milenial di Sontoh Laut-Asemrowo Surabaya


28 Oktober 1928 menjadi saksi sejarah tonggak berdirinya perkumpulan anak-anak muda Indonesia dalam memperjuangkan pergerakan kemerdekaan, jauh sebelum Soekarno-Hatta memproklamirkan kemerdekaan Indonesia.                                                                                                                                              Pemuda merupakan generasi penerus yang akan bertanggung jawab atas kemajuan Bangsa. Pemuda sebagai penggerak revolusi harus mempunyai semangat juang tinggi untuk bertindak demi kemajuan Bangsa. 

Genap 91 tahun yang lalu, tepat pada tanggal 28 Oktober Sumpah pemuda diikrarkan sebagai bentuk perlawanan terhadap Kolonialisme Belanda sekaligus roh perjuangan untuk mencapai kemerdekaan Indonesia. 

“Berikan aku 10 pemuda, maka akan kuguncangkan dunia” perkataan Bung Karno yang tak asing ditelinga telah mengobarkan semangat para pemuda untuk berjuang merebut kemerdekaan.

Di era milenial, musuh kita bukan lagi penjajah dari kolonial Belanda, perjuangan kita bukan lagi merebut kemerdekaan Indonesia , Musuh kita saat ini berasal dari internal Bangsa Indonesia yang kini jelmaannya tak terlihat secara nyata. 

Seiring berkembangnya teknologi yang begitu pesat, semakin besar pula tantangan bagi pemuda untuk merawat semangat sumpah pemuda. 

Pemuda zaman dulu sibuk dengan gencatan senjata, namun pemuda zaman sekarang sibuk dengan social medianya. 

Pemuda yang dulu berteriak merebut kemerdekaan, namun pemuda sekarang banyak yang sibuk berteriak mencari kesenangan. 

Pemuda yang dulu bersenjata bambu runcing melawan penjajah, namun pemuda sekarang banyak yang sibuk bersenjata gadget meraih eksistensi diri.

Generasi milenial yang sangat erat dengan kemajuan teknologi hakikatnya mempunyai potensi besar menjadi penggerak revolusi Bangsa, namun kemudahan teknologi yang membuat generasi milenial cenderung dimanja sehingga semangatnya tergerus akibat kemudahan-kemudahan yang ada. 

Semangat sumpah pemuda yang pernah menyatukan para pemuda di setiap daerahnya dapat dijadikan tauladan untuk pemuda milenial agar terus menggali potensi di daerahnya sehingga dapat memberi kontribusi bagi kemajuan daerah masing-masing yang kemudian akan memberi pengaruh besar bagi Indonesia pada Umumnya dan Surabaya pada khususnya.

Interaksi sosial yang nyata berubah menjadi interaksi di dunia maya dikhawatirkan akan mendorong generasi milenial menjadi apatis dan kehilangan kepekaan pada kondisi sosial masyarakat sekitarnya. 

Hal ini merupakan salah satu tantangan bagi generasi milenial dari pandangan sosial budaya. Sehubungan dengan hal tersebut diatas generasi muda greges di kampung Nelayan Sontoh Laut tergerak untuk mengadakan kegiatan dalam rangka memperingati hari sumpah pemuda 2019.

Bertajuk semarak sumpah pemuda 2019 yang akan dilaksanakan pada hari Minggu tgl 27 Oktober'19 mengangkat tema "Dengan Semangat Sumpah Pemuda, Kita Bangkitkan Pengembangan Destinasi Wisata Sontoh Laut Dengan Kearifan Lokal".

Adapun Rencana Kegiatan tersebut meliputi :
1. Ikrar Sumpah Pemuda 
2. Bazar UKM
3. Pameran Daur Ulang
4. Kesenian
5. Hiburan
6. Lomba2 :
     - Lomba Yel2 beregu ;
     - Lomba Fashion Daur 
        Ulang ;
     - Lomba Peragaan
       Busana Adat anak2
     - Lomba Ski Lot ( Warga,
       komunitas, TNI-POLRI )

Kedepan akan dihadapkan  berbagai tantangan dan permasalahan baru bagi generasi milenial, mereka harus tetap menjaga semangat.

Sumpah Pemuda yang pernah diikrarkan oleh pemuda-pemudi yang mengaku bertumpah darah satu, tanah air Indonesia, berbangsa satu, Bangsa Indonesia dan menjunjung bahasa persatuan, Bahasa Indonesia. 

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages