Wabah Covid-19 Tak Surutkan Langkah Peduli Sesama - KIM BAHARI SUKOLILO BARU

Breaking

Post Top Ad

29/03/2020

Wabah Covid-19 Tak Surutkan Langkah Peduli Sesama


Wabah Covid-19 Tak Surutkan Langkah Peduli Sesama

Uci (baju pink) punya pengalaman tersendiri saat pertama kalinya jadi pendonor di tengah wabah Covid-19 

Surabaya - Maraknya wabah covid 19 tak menyurutkan langkah penggerak donor darah sukarela LPMK Rangkah kecamatan Tambak sari Surabaya untuk membuka layanan di kelurahan dengan safety mulai penyemprotan disinfektan hingga penambahan gizi bagi pendonor , Minggu 29/3/2020

Chris Tjiptadi selaku pegiat informasi masyarakat Kelurahan Rangkah menyambut kedatangan pendonor dengan alat penyemprotan disinfektan penuh keramahan dan persahabatan dilanjutkan dengan mempersilahkan ke area cuci tangan dengan sabun dan dikeringkan dengan tisu.


Tak hanya sampai disitu , petugas berikutnya yang telah siaga memberikan masker pelindung pada pendonor yang hadir serta mempersilahkan duduk di meja registrasi serta pengecekan standar kesehatan dari petugas PMI.

Satu persatu pendonor dipanggil secara bergiliran sehingga tak ada penumpukan antrian dengan tempat duduk yang berjarak semeteran sesuai standard social distancing terkait #lawancovid19 yang disiapkan secara matang oleh panitia penyelenggara.

Dua petugas PMI yang melaksanakan tugas tak banyak kata namun banyak berbuat sesuai tugasnya , diawali dengan pengukuran tekanan darah dan memulai menusukkan jarum ke nadi sebagai fasilitator berpindahnya darah pendonor ke kantong yang sudah disediakan.

Dalam waktu tujuh hingga sepuluh menit darahpun berpindah secara sempurna dan diberi tanda sesuai golongan darah , namun sebelumnya untuk pengetesan kondisi ataupun kandungan darah pendonor di laboratorium PMI.

Cyntia petugas PMI menyatakan "manfaat donor darah salahsatunya adalah bisa mengecek kesehatan secara rutin minimal dua bulan sekali , selain itu juga akan dilakukan tes Hepatitis , HIV , Sipilis dan sirkulasi darahnya lancar atau tidak bisa terdeteksi bila kita rajin donor" ujarnya

Usai pengambilan darah , pendonor diberi vitamin penambah darah dan asupan gizi berupa susu dan biskuit sedangkan panitia penyelenggara menyediakan segelas jahe kacang hijau yang bisa menghangatkan tubuh dan menambah nutrisi.

"Tak hanya itu , sebelum pulang ada goody bag berisi minyak goreng , gula susu dan kecap yang sudah disiapkan oleh panitia yang bisa dibawa pulang pendonor "pungkas Chris Tjiptadi (Bunda Tri)

1 comment:

  1. Untuk mempermudah kamu bermain guys www.fanspoker.com menghadirkan 6 permainan hanya dalam 1 ID 1 APLIKASI guys,,,
    dimana lagi kalau bukan di www.fanspoker.com
    WA : +855964283802 || LINE : +855964283802

    ReplyDelete

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages