"Kobarkan Semangat Pertempuran" 15 Januari 2023 Memperingati Hari Dharma Samudera ke 61 - KIM BAHARI SUKOLILO BARU

Breaking

Post Top Ad

15/01/2023

"Kobarkan Semangat Pertempuran" 15 Januari 2023 Memperingati Hari Dharma Samudera ke 61

 "Kobarkan Semangat Pertempuran" 15 Januari 2023 Memperingati Hari Dharma Samudera ke 61


Hari Dharma Samudera adalah hari penting nasional yang diperingati untuk mengenang Pahlawan Indonesia pada Pertempuran Laut Aru, tanggal 15 Januari 1962.


Pertempuran Laut Aru adalah satu peristiwa heroik dalam sejarah TNI Angkatan Laut (dibawah pimpinan Komodor Yos Sudarso) yang bertempur untuk pembebasan IRIAN Barat (Papua) dari Belanda.


Sejarah Hari Dharma Samudera bermula ketika Belanda melanggar perjanjian Konferensi Meja Bundar (KMB) dan menolak menyerahkan IRIAN Barat (Papua) kepada Indonesia.


Catatan peristiwa dan pernyataan saksi hidup dalam pertempuran itu dapat disimpulkan sudah terjadi suatu peristiwa luarbiasa heroik, dengan kekuatan Angkatan Laut Indonesia yang tidak seimbang dengan kekuatan militer laut Belanda. 


Komodor Yos Sudarso telah mengorbankan dirinya dan KRI Macan Tutul demi menyelamatkan 2 Kapal Perang Indonesia (KRI Macan Kumbang dan KRI Harimau) 

Komodor Yos Sudarso memberi perintah pada KRI Macan Kumbang dan KRI Harimau untuk berbelok dan tidak berhadapan dengan Kapal armada kapal perang Belanda yang didukung oleh pesawat udara.


Namun disaat yang sama KRI Macan Tutul tempat beliau berada malah mengarah mendekat ke Kapal Belanda sambil terus menembak, membuat Armada Militer Belanda memusatkan serangan pada KRI Macan Tutul.


KRI Macan Tutul terkena serangan torpedo yang bertubi-tubi dari kapal Belanda, sebelum ajal menjemputnya Komodor Yos Sudarso mengeluarkan perintah (perintah yang kemudian sangat terkenal) "Kobarkan Semangat Pertempuran".

Komodor Yos Sudarso beserta beberapa awak kapal KRI Macan Tutul gugur sebagai Kesuma Bangsa tanpa makam di laut Aru.


Rudi Sugeng Prayitno, Pengamat sejarah menyampaikan "Misi rahasia ini diberi nama STC-9 (Satuan Tugas Khusus 9 Januari) yang dipimpin oleh Sudomo. Pada tanggal 15 Januari 1962, ketiga kapal ini semakin dekat ke Irian, namun sayangnya diketahui oleh Belanda". Ujarnya 


Pertempuran yang tidak seimbang pun terjadi dan mengakibatkan Komodor Yos Sudarso dan awak kapal yang berada di KRI Macan Tutul menjadi korban, sedangkan KRI Harimau dan Macan Kumbang selamat. Komodor Yos Sudarso sempat memekikkan kalimat 'Kobarkan Semangat Pertempuran!"


"Kata-kata Mutiara Pahlawan Bangsa, biasanya dibacakan di Hari Pahlawan". Pungkasnya (Bunda Tri) 

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages