Latih Kedisiplinan Siswa Dengan Upacara Bendera - KIM BAHARI SUKOLILO BARU

Breaking

Post Top Ad

16/01/2023

Latih Kedisiplinan Siswa Dengan Upacara Bendera

 Latih Kedisiplinan Siswa Dengan Upacara Bendera 

Petugas Paskibraka Siap Mengibarkan Bendera

Surabaya - Upacara pengibaran bendera yang dilakukan secara rutin di SDN Bulak Rukem I Surabaya bertujuan untuk menumbuhkan rasa kebangsaan dan patriotisme serta melatih kedisiplinan dan memiliki makna penghormatan atas jasa para pahlawan Indonesia yang telah memperjuangkan kemerdekaan, Senin 16 Januari 2023


Barisan siswa kelas lima dan enam yang rapi dan tertib dihadapan dewan guru mulai dari awal dibacakan susunan acara hingga pasukan di bubarkan menjadi sebuah proses pendisiplinan yang harus dilalui oleh siswa dengan sabar sehingga karakter bangsa bisa terbentuk dari pembiasaan yang sudah dibiasakan.

Pembinaan Oleh Kepala Sekolah

Peserta didik yang bertugas sebagai petugas Upacara mulai dari menjadi Pembawa Acara, Pemimpin Upacara, Pemimpin pasukan, pengibar bendera (Paskibraka), Pembawa Teks Pancasila, Pembaca Teks UUD1945, Dirigen dan Pembaca Naskah Do'a secara langsung mendapatkan ilmu manfaat dan pembiasaan karakter mandiri dan bertanggung jawab.


Dalam pelaksanaan upacara, terdapat sebuah agenda yang menjadi inti dari pelaksanaan upacara, yaitu pembacaan amanat pembina upacara yang berisi pesan-pesan dan nasehat untuk Peserta Didik disampaikan oleh Kepala sekolah atau guru yang diberi tugas secara bergantian.


Ketika ada siswa yang indisipliner maka saat itu juga diberikan teguran dan nasihat seperti misalnya siswa tidak tertib dalam mengikuti upacara atau bersenda gurau saat upacara berlangsung , begitupun ketika siswa tidak memakai kelengkapan atribut sekolah mulai dari topi , dasi dan bed kelas.


Begitu banyak pembiasaan karakter yang bisa didapat dari kegiatan rutin upacara bendera yang bisa menjadikan siswa lebih paham akan makna komitmen dan tanggung jawab pada dirinya secara khusus dan pada lingkungannya secara umum.


"Terimakasih kami sampaikan kepada bapak ibu guru dan anak-anak hebat siswa SDN Bulak Rukem I Surabaya yang sudah mengikuti upacara dengan tertib. Ingat pesan ibu ,sesuatu yang sudah baik pertahankan dan terus ditingkatkan ya ". Tutur Suwarti Kepala SDN Bulak Rukem I Surabaya (Bunda Tri) 

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages