BKPRMI Surabaya Penyelenggara Manasik Haji Kid's Terbaik - KIM BAHARI SUKOLILO BARU

Breaking

Post Top Ad

05/02/2023

BKPRMI Surabaya Penyelenggara Manasik Haji Kid's Terbaik

 BKPRMI Surabaya Penyelenggara Manasik Haji Kid's Terbaik

Tim Manasik Haji Kid's BKPRMI Surabaya 

Surabaya - Ribuan siswa taman kanak-kanak yang tergabung di IGTKI Kecamatan Benowo mengikuti manasik haji kid's di asrama haji Sukolilo dibawah bimbingan penyelenggara Haji Kid's DPD BKPRMI Surabaya, Minggu 5/2/2023


Mengajarkan pendidikan agama pada anak-anak penting dilakukan sejak dini. Sebab, usia anak-anak adalah waktu emas di mana daya ingat anak dapat dengan mudah menyerap informasi dan pembelajaran baru akan suatu hal, contohnya pendidikan agama.


Salah satu pembelajaran agama mudah yang bisa diikuti anak-anak sejak usia yaitu manasik haji, di mana orang tua dan guru di sekolah mulai mengenalkan rukun Islam yang ke 5 itu. Melansir dari Wisata Sekolah, setidaknya ada beberapa manfaat mengikuti manasik haji seperti di bawah ini.


Membantu anak memahami ibadah haji sebagai salah satu rukun Islam yang wajib dijalankan jika mampu. Suatu upaya melakukan pembelajaran nilai-nilai agama sejak dini dengan metode simulasi yang mudah, melatih disiplin anak sejak dini dengan melakukan urutan-urutan rukun haji secara tepat dan mendatangkan kesan mendalam pada anak, sehingga dapat membentuk pribadi anak agar menjadi agamis sejak dini.


Aktivitas kognitif anak menjadi terangsang, karena dalam manasik haji anak akan banyak mendengar, menghapal, dan melantunkan doa-doa di tiap aktivitas yang berbeda, seperti saat sedang melempar jumrah, sa'i, atau thawaf.


Memberikan anak pengetahuan mengenai bentuk kabah sesungguhnya melalui replika yang sangat mirip dan memberitahukan apa fungsinya bagi umat Islam. Menumbuhkan kecintaan anak terhadap agama Islam melalui ibadah haji dan memotivasi anak agar bisa melakukan ibadah haji nantinya ketika ia dewasa.


Penting untuk mengenalkan ibadah haji kepada si Kecil sejak dini, agar ia mengetahui makna dari rukun islam yang ke-5 ini.

Dari Ibnu Umar ia berkata:


عَنِ ابْنِ عُمَرَ رضي الله عنه قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم «بُنِيَ الإِسْلَامُ عَلَى خَمْسٍ: شَهَادَةِ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَأَنَّ مُحَمَّدًا رَسُولُ اللَّهِ، وَإِقَامِ الصَّلَاةِ، وَإِيتَاءِ الزَّكَاةِ، وَالحَجِّ، وَصَوْمِ رَمَضَانَ

Artinya: "Nabi SAW bersabda: "Islam itu didirikan atas lima perkara. Yaitu, bersaksi bahwa tidak ada tuhan yang berhak disembah melainkan Allah dan Muhammad adalah Rasul-Nya, mendirikan sholat, menunaikan zakat, puasa pada bulan Ramadan, menunaikan ibadah haji ke Baitullah bagi yang mampu melakukannya." (HR. Muttafaq 'alaih)


DPD BKPRMI Surabaya telah membawa lima belas ribu jamaah manasik haji kid's sejak tahun 2010 hingga awal tahun 2023 dengan managemen dan pelayanan terbaik yang diberikan dibawah pengawasan majelis pertimbangan daerah (MPD) BKPRMI Surabaya


Februari 2023, Seribu lima puluh lima peserta dari tiga puluh lembaga taman kanak-kanak se kecamatan Benowo dipandu empat puluh pendamping dan muthowif menjadikan peserta nyaman dan kondusif mengikuti prosesi dari awal niat hingga selesai tahalul.


"Dengan mengikuti kegiatan manasik haji kid's di BKPRMI Surabaya , peserta sudah dapat fasilitas penyelenggaraan ibadah haji sesuai syariat dipandu muthowif yang berpengalaman  ditambah lagi peserta akan mendapatkan sertifikat peserta , snack, minum  dan tropi kenangan bagi lembaga". Ujar Mohammad Muhajir dirda LPPTKA BKPRMI Surabaya (Bunda Tri)


No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages