Penilaian Virtual Calon Sekolah Adiwiyata Penuh Sensasi Menggemaskan - KIM BAHARI SUKOLILO BARU

Breaking

Post Top Ad

05/04/2023

Penilaian Virtual Calon Sekolah Adiwiyata Penuh Sensasi Menggemaskan

 Penilaian Virtual Calon Sekolah Adiwiyata Penuh Sensasi Menggemaskan

Suwarti, Kepala SDN Bulak Rukem I Surabaya memberikan pemaparan penilaian sekolah Adiwiyata 


Surabaya - Ada sensasi menggemaskan yang terjadi ketika tim penilai sekolah Adiwiyata SDN Bulak Rukem I Surabaya yang meminta bukti fisik langsung sesuai kenyataan yang ada dilapangan melalui aplikasi kamera zoom di setiap poin pemenuhan boran atau standar yang ditentukan , Rabu 5 April 2023


Proses penilaian sekolah Adiwiyata yang dilakukan oleh dinas lingkungan hidup Kota Surabaya melalui virtual benar-benar sebuah hal baru yang lumayan memakan waktu karena  boran yang disiapkan harus semuanya di cek satu persatu sesuai yang diminta.

Gambaran Zoom Verivikasi Calon Sekolah Adiwiyata 


Ada hal penting yang perlu digarisbawahi bahwasannya sekolah  Adiwiyata bukan sekolah ajang dari perlombaan namun sekolah Adiwiyata adalah sekolah pembiasaan terhadap warga sekolah untuk tetap menjaga lingkungan. 


SDN Bulak Rukem I Surabaya status nya masih baru pengajuan sebagai sekolah Adiwiyata akan tetapi sudah sejak lama menerapkan lingkungan harus tetap terjaga, bersih dan rapi begitupun dengan tumbuh-tumbuhan, pepohonan dll harus tetap hidup dan terawat.


Dan pada akhirnya menjadi pembiasaan bagi guru dan peserta didik untuk selalu peduli dan menjaga lingkungan nya walaupun lahannya kurang maksimal namun semuanya bisa dimaksimalkan sesuai fungsi masing-masing.


"Dalam proses penilaian ada banyak poin yang dinilai sebagai proses dalam menuju sekolah Adiwiyata dimulai dari Rencana persiapan pembelajaran , administrasi, kelas , sanitasi , bank sampah , kolam ikan, hidroponik, green house termasuk media publikasi semuanya sudah ada di 14 Pokja yang sudah kami siapkan ". Ujar Devy Candra selaku Koordinator Adiwiyata 


Penilaian lapangan yang menggunakan kamera aplikasi zoom sempat bikin panik karena merubah kamera depan ke kamera belakang agar bisa terlihat semua pemandangan sekolah dan terutama poin - poin yang dituju seperti  biopori , tempat sampah, kamar mandi , toilet dan ventilasi udara.


Upaya maksimal dan pemberian informasi akurat sesuai yang ada di lapangan telah dicocokkan satu persatu selanjutnya hasil keputusan penilaian menuju sekolah Adiwiyata  sepenuhnya menyerahkan  hasilnya kepada tim penilai 


"Pihak sekolah sudah berusaha semaksimal mungkin dalam menjaga, memelihara serta menghidupkan lingkungan agar tetap hijau dan asri, sebagai sekolah yang aktif kami akan terus berjuang penuh semangat dalam mewujudkan perbaikan dan perubahan sekolah". Ungkap Suwarti Kepala SDN Bulak Rukem I Surabaya (Bunda Tri)


No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages