Peringati Hari Diabetes Sedunia Dengan Tes Gula Darah - KIM BAHARI SUKOLILO BARU

Breaking

Post Top Ad

25/05/2023

Peringati Hari Diabetes Sedunia Dengan Tes Gula Darah

 Peringati Hari Diabetes Sedunia Dengan Tes Gula Darah

Pemeriksaan Gula darah 


Surabaya - Puluhan guru dan karyawan SDN Bulak Rukem I Surabaya mengikuti tes gula darah yang dilakukan oleh petugas medis dari puskesmas Kenjeran, Kamis 25 Mei 2023


Diawali dengan skrening kesehatan dari petugas yang datang dari mulai identitas diri , nomer induk kependudukan (KTP) serta riwayat kesehatan mulai dari hipertensi, asam urat , kolesterol dan lain sebagainya.


Kemudian diarahkan untuk menimbang badan dan menyampaikan ukuran tinggi badan ke petugas sebelum diukur tekanan darah nya agar bisa mendeteksi apakah darah tinggi , darah rendah ataukah normal.


"Permisi saya ambil darahnya ya Bu, untuk cek gula darahnya". Ujar Afif petugas kesehatan dari puskesmas Kenjeran yang memeriksan kesehatan guru dan karyawan SDN Bulak Rukem I Surabaya pagi ini.


"Tiga ratus empat puluh enam". Tambahnya memberi keterangan pada Rusmiyati walikelas III yang menjawab "lah kok tinggi pak?". 

Dan dibalas dengan jawaban "silahkan datang ke puskesmas ibu untuk pemeriksaan lebih lanjut". Tambahnya


Begitulah suasana yang terjadi di ruang guru SDN Bulak Rukem I Surabaya saat pemeriksaan kesehatan, ada yang biasa saja ada yang sedang dan ada juga sedih karena hasilnya kurang sesuai dengan apa yang diharapkan.


14 November diperingati sebagai hari Diabetes Sedunia (World Diabetes Day). Tahun ini mengusung tema “access to diabetes care”, dunia berupaya menggaungkan kesadaran global terhadap penyakit diabetes dan pentingnya kemudahan akses bagi penyandang diabetes. 


Support dan motivasi dari teman-teman seperjuangan sangat dibutuhkan untuk menenangkan dan memberikan semangat dengan nasehat-nasehat membangun, "olahraga Bu dan kurangi yang manis-manis". Begitu pesan Bu Endang walikelas lima saat memberi dukungan 


Lebih lanjut Afif menyatakan "Sejatinya diabetes melitus bisa dicegah dengan menerapkan gaya hidup sehat diantaranya mempertahankan berat badan ideal, perbanyak makan buah dan sayur,  kurangi minum minuman manis dan bersoda dan aktif berolahraga". Pungkasnya (Bunda Tri)



No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages