Mahasiswa PPG UM Surabaya Resmi Dilepas untuk PPL di SDN Bulak Rukem 1 Surabaya - KIM BAHARI SUKOLILO BARU

Breaking

Post Top Ad

09/10/2024

Mahasiswa PPG UM Surabaya Resmi Dilepas untuk PPL di SDN Bulak Rukem 1 Surabaya

Mahasiswa PPG UM Surabaya Resmi Dilepas untuk PPL di SDN Bulak Rukem 1 Surabaya

Tendik SDN Bulak Rukem 1 Surabaya bersama UM Surabaya 


Surabaya – Dalam sebuah seremoni sederhana yang penuh semangat, Prodi PPG (Pendidikan Profesi Guru) Universitas Muhammadiyah Surabaya secara resmi menyerahkan enam mahasiswa Program Pengalaman Lapangan (PPL) PPG ke SD Negeri Bulak Rukem 1 Surabaya yang beralamat di Jl. Bulak Rukem Timur 2 No.2, Bulak, Kec. Bulak, Surabaya. Surabaya, 9 Oktober 2024



Penyerahan ini dilakukan oleh Dosen Pembimbing Lapangan, Sandha Soemantri, S Pd M Pd dan diterima langsung oleh Kepala SDN Bulak Rukem 1 Surabaya, Sri Soelistiawati S Pd M Pd menjadi momen penting bagi para mahasiswa untuk memulai perjalanan praktik mengajar mereka. 

Sesi Perkenalan diri dari mahasiswa PPG UM Surabaya yang akan PPL di SDN Bulak Rukem 1 Surabaya 


Dalam sambutannya, Sandha Soemantri berharap para mahasiswa dapat mencontoh keteladanan guru-guru di sekolah dan mengaplikasikan ilmunya dalam praktik mengajar. 


Lebih lanjut ia mengatakan "Kegiatan PPL yang berlangsung dua semester ini bertujuan mempersiapkan mahasiswa menjadi guru profesional dengan kompetensi pedagogik yang tinggi".

Penandatanganan MOU 


Sri Soelistiawati, selaku Kepala Sekolah, menyambut baik kerjasama ini dan berharap mahasiswa dapat memberikan kontribusi positif bagi sekolah dan para siswa. “Kalian tidak hanya belajar mengajar, tapi juga belajar menjadi guru yang dapat membimbing dan memberi pengaruh positif bagi siswa,” ungkap Sri.


PPL PPG bertujuan untuk memberikan pengalaman nyata kepada para mahasiswa dalam menerapkan pengetahuan dan keterampilan yang sudah dipelajari di kampus. Melalui praktik langsung di sekolah.


Para mahasiswa diharapkan dapat mengasah kemampuan mereka, mulai dari perencanaan pembelajaran, pelaksanaan, hingga evaluasi. Selain itu, kegiatan ini juga merupakan kesempatan bagi mereka untuk belajar memecahkan masalah nyata yang sering dihadapi guru dalam proses pembelajaran.


"Kegiatan PPL ini akan berlangsung selama dua semester, di mana mahasiswa akan mengikuti PPL I yang terbimbing dan PPL II yang lebih mandiri. Mahasiswa akan belajar tidak hanya dalam aspek pembelajaran, tetapi juga dalam memahami karakteristik peserta didik, lingkungan belajar, dan menerapkan metode yang tepat sesuai dengan kebutuhan siswa di sekolah tersebut". Pungkas Sandha (Bunda Tri)

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages