Indonesia Channel 2017 - KIM BAHARI SUKOLILO BARU

Breaking

Post Top Ad

18/08/2017

Indonesia Channel 2017

Indonesia Channel 2017


Surabaya - Dengan ditabuhnya rebana secara bersamaan oleh Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini dan Menlu RI Retno Marsudi, Indonesia Channel 2017 telah resmi dibuka dan dilanjutkan gelar penampilan seni dari para peserta BSBI yang berasal dari 45 negara  , Jumat 18/8/17

Dalam sambutannya, Wali Kota Surabaya menyampaikan terima kasih Surabaya dijadikan lokasi Indonesia Channel 2017.

Banyak keseruan yang terjadi saat pertunjukkan Indonesia Channel 2017 kemarin malam. Banyak tarian Indonesia dari beragam daerah ditampilkan oleh para peserta Beasiswa Seni Budaya Indonesia yang terdiri dari 45 negara loh!!


Acara ini juga sebagai penutupan acara BSBI yang sudah dilaksanakan oleh Kemenlu RI di beberapa tempat di Indonesia selama beberapa bulan terakhir.

Beasiswa Seni Budaya Indonesia ( BSBI ) 58 mahasiswa asing dari 47 negara selama 3 bln belajar bhs seni dan budaya dan juga kearifan lokal yang dimiliki, dimulai pada bulan Mei 2017 lalu.

Masyarakat Surabaya yang mayoritas pelajar terlihat memadati Grand Ballroom gedung Empire Palace untuk memeriahkan acara Inchan 2017. Menariknya Ada buku free juga bagi pengunjung yang hadir pada acara Indonesia Channel 2017 selama persediaan terbatas .


Tak kalah menarik , acara Inchan ini dipandu oleh dua orang peserta BSBI, yaitu Cak Mike dari negara Fiji dan Ning Melitza dari negara Serbia dengan memakai pakaian khas Surabaya dan berbicara dalam bahasa Indonesia yang lancar, lengkap dengan pantun yang langsung disampaikan di atas panggung.

" Terimakasih disampaikan kepada Menteri Luar Negeri dan Kementerian Luar Negeri atas kepercayaannya memilih Surabaya sebagai tuan rumah Inchan 2017 ini dan juga memilih Surabaya sebagai salah satu tempat belajar seni dan budaya. Kami berharap ajang ini sebagai tempat untuk saling belajar tentang seni dan budaya Indonesia " Ujar Walikota Surabaya Tri Rismaharini

Beasiswa BSBI memasuki tahun ke-15, dan peserta berasal dari 45 negara. Setelah mereka menyelesaikan programnya, mereka akan menjadi teman baik Indonesia di luar negeri yang menyampaikan hubungan baik Indonesia dengan negaranya.


Menteri Luar Negeri, Retno L.P. Marsudi, dalam sambutannya mengatakan " selain merayakan Hari Kemerdekaan ke-72 pada 17 Agustus 2017, kita juga merayakan keberagaman Indonesia. Hal ini merupakan ajang untuk saling menghormati dan memahami perbedaan karena keberagaman merupakan DNA Indonesia" Terangnya

Selama mengikuti program BSBI ini, para peserta mengikuti pelatihan di sanggar-sanggar seni yang bermitra dengan Kemenlu, yaitu Studio Tydif di Surabaya, Sanggar Semaradana di Denpasar, Rumah Budaya Rumata di Makassar, Sanggar Sofyani di Padang, dan juga Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" (UPN) di Yogyakarta.

""Budaya untuk mencintai perdamaian harus terus kita lakukan", pesan Menteri Luar Negeri Republik Indonesia di akhir sambutannya. ( Bunda Tri ) 

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages