Kampung Joko Berek Putra Penguasa Kadipaten Surabaya - KIM BAHARI SUKOLILO BARU

Breaking

Post Top Ad

13/10/2019

Kampung Joko Berek Putra Penguasa Kadipaten Surabaya

Kampung Joko Berek Putra Penguasa Kadipaten Surabaya


Surabaya - Warga kampung Sawunggaling dusun Wlidah Donowati menggelar doa bersama dan mengangkat budaya Joko Berek atau Raden Sawunggaling ke-VIII dalam tajuk "Kirab Kadilaten Suroboyo" tahun 2019 , Minggu 13/10/19

Suasana pagi hari ini di Pendopo Agung Pesarean R. Sawunggaling Jl. Lidah Wetan, Surabaya sangat berbeda dengan pagi sebelumnya , pasalnya warga sudah bersiap untuk meramaikan acara festival dan doa bersama sebagai peringatan napak tilas perjalanan Joko Berek atau Raden Sawunggaling.


Festival yang diadakan sejak th 2011 ini menarik perhatian warga Surabaya, khususnya kawasan Lidah Donowati dan sekitarnya yang diikuti oleh ratusan warga dengan kostum unik dan menarik.

Yang paling menarik dari rangkaian kegiatan ini selain rebutan gunungan hasil bumi adalah teatrikal gambaran sosok Joko Berek berkelana mencari sosok ayah yang menjadi penguasa Kadipaten Surabaya.

Ir. H. Armuji, M.H. adalah Anggota DPRD Jawa Timur Fraksi PDIP periode 2019—2024 turut hadir dan menyampaikan apresiasi nya atas usaha melestarikan budaya asli Surabaya yang dilakukan agar bisa diwariskan kepada generasi selanjutnya.

Kegiatan ini merupakan rangkaian peringatan yang digelar Paguyuban Sawunggaling untuk mengenalkan sosok fenomenal tersebut yang dirangkai dengan kirab budaya dan teatrikal , kemudian dilanjutkan dengan Sarasehan dan doa bersama yang digelar pada malam harinya.

Harapan dari Paguyuban Sawunggaling agar festival tahunan ini diangkat menjadi agenda rutin Pemkot Surabaya yang dapat menambah daya tarik wisata di Surabaya. (Bunda Tri)

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages