Si Badak Milik Iki Bulak Rek, Siap Layani Warga Tanpa Ribet - KIM BAHARI SUKOLILO BARU

Breaking

Post Top Ad

15/02/2023

Si Badak Milik Iki Bulak Rek, Siap Layani Warga Tanpa Ribet

 Si Badak Milik Iki Bulak Rek, Siap Layani Warga Tanpa Ribet


Tampilan Aplikasi Si Badak 


Surabaya - Kepemimpinan Bambang Udi Ukoro Camat Bulak semakin terlihat progresnya dengan terus melahirkan program - program baru dan juga inovasi baru untuk memudahkan warganya mengakses informasi sesuai kebutuhan.


Empat lurah yang ada di wilayah Bulak bersama admin media kelurahan hadir memenuhi undangan di ruang camat Bulak untuk koordinasi, konsolidasi dan sosialisasi inovasi aplikasi "Si Badak" kepanjangan dari sistem informasi Bulak dalam angka dan kegiatan yang dibuat oleh Raihan Habib Dhiaulhaq tim ITE Kecamatan Bulak. Rabu 15 Februari 2023 


Diawali dengan profil Kecamatan Bulak yang beralamat di jalan Kyai Tambak Deres No. 252 Surabaya ini terdiri dari 4 Kelurahan yaitu Kelurahan Bulak, Kelurahan Kedung Cowek, Kelurahan Kenjeran dan Kelurahan Sukolilo Baru dengan jumlah penduduk 45.816 orang dengan jumlah RT 133, 21 RW dan 4 LKMK.


Kecamatan Bulak, Kecamatan Wisata


Potensi wilayah pesisir pantai Kenjeran yang ada di Kecamatan Bulak sangatlah kaya dengan tempat wisata dan kulinernya sehingga mendapat julukan kecamatan wisata dengan tagline nya IKI BULAK REK yang artinya inisiatif, kolaboratif, inovatif di mana diharapkan kecamatan Bulak menjadi kecamatan yang ramah, elok dan kenangan.


Sejauh mata memandang , hamparan laut yang indah mampu mengundang wisatawan domestik maupun mancanegara untuk singgah dan menikmati keindahannya apalagi bila singgah di Sentra Ikan Bulak (SIB) dilengkapi pemandangan kompleks taman Suroboyo dengan Icon Suro dan Boyo terbesar di Kota Pahlawan seperti wahana pekan raya ada perosotan air dan area tepi pantai yang populer untuk memancing dan berjalan-jalan pada sore hari


Jembatan Suroboyo dan Jembatan Suramadu membentang hingga ke pulau Madura yang megah dan gemerlap dengan lampu-lampu penerangnya semakin mempercantik pesisir pantai Kenjeran yang ada di wilayah Bulak , apalagi bila hari Sabtu dan minggu para wisatawan dimanja dengan alunan musik lagu khas Surabaya dengan air mancur menarinya.


Tak jauh dari jembatan Suroboyo wisatawan bisa mengunjungi benteng Kedung Cowek yang menjadi saksi sejarah perlawanan arek-arek Suroboyo terhadap penjajah yang datang dengan menggunakan kapal sebagai transportasinya untuk menyerang dan membombardir Kota Surabaya.


Di Sisi lainnya Jembatan Suroboyo juga ada taman hiburan pantai Kenjeran yang sangat diminati wisatawan karena pantainya yang indah , bersih dan rapi dilengkapi aneka kuliner khas pantai serta pusat oleh-oleh berbagai olahan hasil laut dan juga kerajinan untuk buah tangan.


Sejatinya liburan itu bukan untuk bermalas-malasan tapi untuk bersenang-senang menikmati petualangan baru yang seru sebab tak jauh dari THP Kenjeran ada Pantai Ria yang dilengkapi dengan berbagai wahana didalamnya mulai dari Atlantis Land, Water park,  bangunan budaya terkenal termasuk Kelenteng Sanggar Agung dengan Patung Dewi Kwan In yang menghadap ke laut dan Budha duduk berwajah 4 serta Pagoda Tian Ti serta tempat makan Indonesia rumahan memenuhi area ini. 


Inovasi Kecamatan Bulak


Selain profil , aplikasi Si Badak juga mencantumkan inovasi yang sudah dilakukan untuk memudahkan warga mengakses informasi melalui jaringan internet sehingga warga tak perlu meninggalkan pekerjaannya untuk datang ke kantor Kecamatan cukup dengan membuka aplikasi Si Badak yang sudah di akses di google crome maka kebutuhannya bisa terjawab.


Sebagai tampilan awal di kolom inovasi ada quote karya Ralph Waldo Emerson yang berbunyi " pelajaran yang diajarkan semua sejarah kepada orang-orang bijak untuk menaruh kepercayaan pada gagasan dan bukan pada keadaan" 


Kemudian dibawahnya ada Logo dan tagline IKI BULAK REK, Kemudian program ISOK PAS ( Arisan Kelompok Peduli Anak Stunting), program BEST ( Belajar Sayang Orang Tua) dan BLAS (Bengkel Lakune Arek Suroboyo) dan Si Badak (Sistem Informasi Bulak Dalam Angka dan Kegiatan)


Mutu Pelayanan Kecamatan Bulak 


Sebagai penyemangat dan motivasi pada diri pegawai Kelurahan dan Kecamatan Bulak maka dibuatlah tagline mutu pelayanan " pulang senyum membawa solusi" yang di implementasikan dalam mendengarkan dengan cermat dan menjawab dengan baik adalah kesempurnaan tertinggi yang dapat di capai dalam seni percakapan.


Disini telah disediakan fitur-fitur yang terkoneksi dengan program klampit new generation Dispendukcapil Surabaya untuk menjawab permasalahan warga terkait E-KTP, Kartu Keluarga , Akte Kelahiran atau Kematian, pindah atau masuk kota Surabaya



Struktural Kepegawaian


Untuk menghadirkan pelayanan terbaik dan maksimal kepada warga , di aplikasi Si Badak telah dicantumkan struktural kepegawaian kecamatan mulai dari pejabat kecamatan dan juga kelurahan yang mencantumkan nama jabatan dan nomor telepon yang bisa dihubungi


Dengan kepala kepala camat ,Drs Bambang Udi ukoro SH MSI,  Lurah Bulak: Suwito Yusro S.Sos MM, Lurah Kedung Cowek Ayu Vitasari SP M Agr, Lurah Kenjeran Anis puji Astuti s.sos dan Lurah Sukolilo Baru, R Tri Koesfedi Joes Hardianto ST dan dicantumkan juga beberapa kontak yang bisa dihubungi diantaranya email bulak. Kecamatan sby@gmail.com dan kec.bulak@surabaya.go.id serta nomer telepon kecamatan Bulak ( 031 ) 51504384


Di baris terakhir aplikasi di Badak ada link media sosial yang sudah terkoneksi langsung sehingga warga yang ingin tahu perkembangan terbaru kegiatan yang dilakukan oleh camat , lurah ataupun warga bisa melihat langsung di Instagram, tiktok dan channel yuotube yang dikelola oleh admin media Kecamatan Bulak.


Bambang Udi Ukoro selaku camat Bulak berharap dengan adanya Aplikasi SI BADAK lebih dekat dengan Warga, khususnya warga Kecamatan Bulak yang dapat mengakses Informasi Data dan Kegiatan-kegiatan yang ada di Wilayah Kecamatan Bulak. (Bunda Tri) 

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages